Friday, March 22, 2019

Pekerjaan IT dan Permasalahannya


seorang Teknisi komputer dengan pekerjaan jaringan

Pekerjaan IT Support - Bekerja sebagai seorang Teknisi Komputer atau IT Support tentu tidak mudah, karena harus berhadapan dengan segala permasalahan teknologi informasi dan komunikasi, solusi untuk mengatasinya dan akibat dari teknologi informasi itu sendiri.

Bagaimana dengan tenaga kerja IT sendiri? apakah sudah layak? apakah sudah mempunyai kemampuan dan kualitas yang sesuai dengan perusahaan tempat bekerja?

Jenis Tenaga Kerja IT


Apa saja sebenarnya Tenaga Kerja IT itu?. Pengalaman yang saya dapat menjadikan saya belajar berbagai jenis pekerjaan IT, memang tidak semua IT mendapat pengalaman yang sama tapi setidaknya memiliki permasalahan yang sama.

Karena memiliki permasalahan yang sama tapi berbeda cara mengatasi inilah yang saya terus pelajari, setiap IT memiliki tugas dan spesialisnya sendiri - sendiri, saya sendiri pernah mencoba menjadi IT Support, IT Jaringan, dan Admin Database.

Saya akan coba bahas satu-satu dari pengalaman saya tentang menjadi IT

Network


IT Jaringan, bertugas sebagai tenaga IT yang paling penting, karena tanpa jaringan, komunikasi antar user tidak akan terjadi, memiliki tugas  :
  • Mengamankan jaringan internet
  • Setting dan maintenance jaringan
  • Membuat topologi yang efisien
  • Merapikan semua jaringan
Mungkin tidak terlalu banyak tugas seorang IT jaringan, tapi pekerjaan ini membutuhkan tenaga IT yang mumpuni, baik secara data maupun skill. Dasar skill untuk seorang IT jaringan menurut saya sendiri harus lengkap termasuk :
  • Internet topologi
  • Routing
  • IP Address 
  • Security 
Untuk lainnya saya tidak jelaskan secara detail karena tugas dari IT jaringan pernah saya bahas di postingan saya sebelumnya, tapi dasar IT jaringan kurang lebih yang saya sebutkan diatas.

Baca Juga :
Selain Jaringan, saya juga pernah menjadi Admin Database, walaupun saya kurang paham sistem database perusahaan saat itu, tapi saya dapat pengalaman yang menjadikan saya lebih mengerti tentang maintenance database.

Database Administrator


Apa saja tugas dari tenaga IT DBA? menjaga alur database ke user selalu hidup, intinya seperti itu, tapi apakah hanya se-sederhana itu? tentu bukan ...

Menjadi DBA atau database admin sangat menguras tenaga dan pikiran, dan biasanya akan di bantu oleh IT Support karena memang pekerjaan DBA harus teliti dan memperhatikan semua hardware juga software dari server.

Beberapa tugas DBA yang pernah saya lakukan :
  • Maintenance instance program live 24 jam
  • Membaca alert log entries server
  • Backup data
  • Cek penggunaan disk komputer server
  • Memeriksa masalah memori dan sumber daya komputer server
  • Mengidentifikasi pola pertumbuhan dalam database
  • Melakukan upgrade database Oracle berkala
  • Mengelola account user dan keamanan server
Dulu saya sempat mengalami masalah pada salah satu server yang sedang saya backup, terjadi error dan hasilnya semua backup yang ada di hardisk lokal server hilang semua, dan tidak ada backup selain di lokal server tersebut, alhasil saya harus recover semua data dari harddisk tersebut. Memakan waktu hampir 3 hari untuk mengembalikan semua data.

IT Support


Adalah tugas dan pekerjaan yang paling menyenangkan menurut saya, karena kita akan belajar banyak hal dari berbagai sumber dan masalah, untuk skill, tidak terlalu membutuhkan skill yang tinggi dan rumit, selama kita sudah mengenal error di tiap user lama kelamaan akan terasa mudah dan enteng pekerjaannya.

Untuk lebih jelasnya bisa langsung baca di postingan saya di bawah ini :
Job desk IT Support

Masalah terberat yang pernah saya lakukan, sederhana sebenarnya, Recovery laptop milik HRD, tapi tidak backup terlebih dulu data yang ada dalam laptop tersebut, hasilnya satu kantor langsung menganggap saya tidak sanggup kerja, wajar karena orang-orang tersebut memang tidak tahu apa-apa tentang komputer atau apapun tentang teknologi, yang mereka tahu saya tidak bisa kerja.

Jika Tidak Belajar Hal Baru Maka Saya Akan Mati


Saya ingat owner perusahaan tempat saya bekerja pernah bilang, "kita akan mati jika tidak mempelajari hal baru", dan sampai sekarang masih terus ada dipikiran saya, untuk IT Support  mempelajari hal baru adalah pekerjaan setiap hari, kenapa? kembali lagi ke jawaban saya diatas.

Belajar hal baru sudah menjadi kebiasan tenaga IT, bukan karena perkembangan teknologi tapi demi kemajuan perusahaan tempat bekerja. Ilmu teknologi dan komunikasi sudah berkembang sangat pesat di Indonesia, mereka juga menawarkan kemudahan solusi untuk semua permasalahan teknologi yang muncul.

Beberapa orang mungkin tidak akan paham bagaimana IT bekerja, atau masalah apa yang sedang dihadapinya, karena saat kita bekerja, yang kita inginkan adalah bekerja dengan baik, sempurna dan aman, agar semua data dan proses yang ada dalam perusahaan bekerja dengan baik.

Terima kasih sudah membaca, jangan lupa untuk terus support blog ini.

Buruh IT, Penulis abal-abal, selalu bersyukur dengan hidup dan terus belajar tentang IT


EmoticonEmoticon