Alasan Menjadi IT Support

Alasan Menjadi IT Support


bekerja sebagai support it

4 Alasan Bekerja Sebagai Seorang IT Support - Pernahkah kalian para IT Support Profesional, Spesialis, dan Teknisi Komputer sekali saja merenung "kenapa saya bekerja menjadi seorang Support Technical?".

Banyak alasan dan jawaban yang pasti ada didalam pikiran kalian semua, tapi apa yang paling mendasar dari alasan kalian menjadi seorang IT di perusahaan?, apakah uang, jabatan atau sekedar bersenang - senang dengan teknologi, saya rasa jawabannya ada pada keinginan kalian sendiri bukan?.

Karena Teknologi Komputer, Sistem Jaringan, dan Program Tidak Pernah Berhenti

Saya memiliki pengalaman hampir 10 tahun sebagai seorang support IT di tiga perusahaan berbeda, biarpun bukan perusahaan besar tapi saya selalu bermimpi suatu saat saya akan berada disana, di perusahaan dengan team IT yang saling mendukung, baik IT support, jaringan, database administrator, dan help desk IT.

Baca Juga :
Tapi bukan karena besar atau kecilnya perusahaan yang membuat saya tetap bertahan hanya dalam 3 perusahaan, tapi keinginan saya untuk terus belajar, mulai dari :
  • Mengenal permasalahan Hardware Komputer dan Printer
  • Belajar jaringan, keamanan sistemnya dan internet
  • Database dan program
Semua saya pelajari, karena informasi tentang dunia IT tidak pernah berhenti selalu berkembang baik secara komersial ataupun independen. Perusahaan juga akan terus berkembang mengikuti teknologi dengan kemudahannya dan bagaimana kita para IT support harus siap dengan sistem yang digunakan agar tidak tertinggal terlalu jauh.

Karena Bisa Belajar dan Mengenal Sistem di Tiap Perusahaan

Biasanya disetiap perusahaan sudah ada IT Support yang terlebih dulu membuat atau merancang sistem untuk perusahaan tempat baru kita bekerja, baik staf permanen atau cuma vendor dari perusahaan lain. Jika perusahaan yang sudah lama, maka sistem yang digunakan sudah paten dan sangat jarang ada perubahan, kecuali jika perusahaan tersebut ingin merubah sistem mereka baik secara efisiensi dan pengolahan data.

Dari sinilah saya belajar sistem baru dari perusahaan tempat saya bekerja sekarang, walaupun memiliki topologi yang hampir sama, yaitu :
  • Internet
  • Database
  • Program
  • User Program
Tapi untuk masalah rule dan sistem yang digunakan tentu berbeda - beda, termasuk untuk SOP (Standar Operasional Prosedur) perusahaan tersebut juga berbeda, kecuali jika kita bekerja di perusahaan dengan bidang yang sama dengan perusahaan sebelumnya.

Belajar sistem yang berbeda menjadikan saya lebih banyak mengenal ilmu dan perlengkapan baru, misalnya diperusahaan saya yang pertama tidak menggunakan Mikrotik, tapi di perusahaan baru menggunakan sistem jaringan mikrotik.

Karena Bisa Belajar Lebih Dari IT Senior

Mungkin banyak yang setuju dengan alasan saya ini, sebagai karyawan baru di bagian IT tentu kita harus melakukan adaptasi dan harus melihat sistem yang akan digunakan, tapi bagaimana kita bisa mengetahui dan adaptasi sistem perusahaan dengan cepat?

Adalah IT Senior tentunya, staf ini mungkin sudah bekerja lebih dari satu tahun diperusahaan baru tempat kita bekerja, maka banyak - banyaklah konsultasi, ngobrol tentang sistem dan keadaan perusahaan. Ilmu yang didapat juga pasti akan bertambah, karena setiap IT di perusahaan akan mengetahui lebih dalam tentang Hardware, Printer dan permasalahan jaringan diperusahaan tersebut.

Tapi bagaimana kalau IT sebelumnya sudah resign terlebih dahulu, atau memang perusahaan tersebut baru menggunakan staf IT?

Kita bisa belajar dari IT vendor yang telah digunakan oleh perusahaan tersebut, dan mengambil ilmunya lalu kita bisa mengembangkannya sendiri, karena tidak semua IT dari vendor akan memberikan solusi untuk masalah yang muncul di perusahaan.

Karena Mendapatkan Keluarga Baru

Percaya apa tidak tapi ini yang saya rasakan selama menjadi IT support di lingkungan baru, perusahaan baru, walaupun banyak juga yang tidak suka, tapi pasti ada yang akan menjadi sahabat atau keluarga baru.

Saya jadi ingat pertama kali bekerja menjadi IT support, adalah manager akunting saya yang menjadi orang pertama percaya dan mau menjadi sahabat saya. Beliau percaya saya bisa belajar dengan cepat menjadi support IT dan membantu perusahaan menjadi lebih efisien dari segi teknik dan jaringan. Hampir setiap saya melakukan kesalahan beliau selalu bilang "Berarti ini jadi pengalaman agar besuk tidak terulang lagi" dan saya selalu ingat dengan umungan beliau soal menjadi IT support :
  • Selalu berikan service yang terbaik karena pekerjaan IT Support itu jasa, yang harus tuntas sampai benar - benar selesai dan betul.
  • Manajemen waktu, selalu rencanakan pekerjaan enam bulan sebelumnya.
  • Percaya sama tuhan kalau semua masalah ada jalan keluarnya.
Dan sampai sekarang ucapan manager akunting saya itu selalu jadi panutan dan alasan saya dalam bekerja sebagai  IT support.

Terima kasih sudah membaca, jangan lupa untuk support blog ini.

No comments