Firewall Komputer

Firewall Komputer



Apa Itu Firewall - Adalah sistem keamanan dari jaringan yang memonitor dan mengontrol lalu lintas masuk dan keluarnya suatu data melalui beberapa peraturan yang sudah di tetapkan di dalam sistem operasi.

Sedikit sejarah firewall

Diciptakan pertama kali oleh Microsoft untuk menghalau jaringan luar yang masuk ke dalam sistem windows server dari sana semua sistem operasi untuk windows akhirnya juga dilengkapi dengan firewall yang berguna untuk melindungi data yang ada di dalam jaringan lokal ataupun internet.

Tahun 1990 AT&T Bell Lab juga mulai memperbaharui sistem keamanan jaringan yang kita kenal dengan Jalur Sistem Keamanan 4 Layer yang lebih canggih dan lebih ampuh. Tapi jenis firewall ini rentan terhadap serangan Denial Of Service yang membombardir firewall dengan koneksi palsu dalam upaya untuk menguasai sistem inti dari firewall.

Bagaimana Fungsi dan Cara Kerja Firewall

Tahun 1998 baru tercipta FTP, DNS dan HTTP yang lebih aman dari segala serangan jaringan dengan berbagai pengaturan yang lebih ketat. Berikut ini adalah fungsi dan cara kerja bagaimana Firewall Windows bekerja, dengan contoh menggunakan aplikasi program yang terkoneksi dengan server.

Fungsi utama firewall

Adalah monitoring alur lalu lintas jaringan yang ada pada sebuah topologi, baik lokal maupun jaringan online atau internet. Selain hanya mengawasi jaringan banyak fungsi lain firewall diantaranya :
  1. Melakukan cek autentifikasi terhadap suatu koneksi di jaringan.
  2. Memeriksa data suatu paket dari sebuah jaringan.
  3. Memfilter jaringan yang tidak atau boleh masuk ke sistem.

Karena fungsi ini firewall sebenarnya lebih mirip dengan antivirus untuk jaringan, karena fungsi ini juga beberapa aplikasi yang berbasis jaringan lokal sering terbaca membahayakan untuk sistem operasi jadi firewall tersebut akan menutupnya.

firewall works

Jika ada aplikasi program desktop atau web-base yang tidak bisa berjalan di jaringan lokal windows berarti firewall menutup atau block jalur koneksinya, dan aplikasi tersebut tidak bisa diakses dari server. Kebanyakan user akan mematikan firewall dan membiarkan semua akses jaringan bebas keluar masuk tanpa filter.

Cara Kerja Firewall Komputer

Sederhannya firewall bekerja dengan membatasi komputer dengan komputer yang terhubung dalam jaringan baik lokal maupun internet, karena sebelum membatasi komputer tersebut, firewall lebih dulu bekerja menyaring lalu lintas komputer dengan menggunakan alamat IP, nomor port, serta protokol.

Perkembangannya kini firewall mampu menyaring data yang masuk dengan mengidentifikasi terlebih dahulu data yang di bawanya, karena firewall mempunyai fungsi untuk mengatur lalu-lintas perpindahan data komputer dan internet.

Packet Filtering

Adalah cara kerja firewall dengan memonitor paket data yang masuk dan keluar, mengizinkannya untuk lewat atau berhenti berdasarkan alamat Internet Protocol (IP), protokol, dan portnya.

Packet filtering disebut juga dengan firewall statis, dengan metode packet filtering firewall akan mengecek dari sumber dan tujuan alamat IP saja.

Inspeksi Stateful

Inspeksi Stateful dikenal dengan firewall dinamis.

Firewall dinamis berarti sebuah paket data akan dianalisis hingga ke dalam lapisan-lapisannya, dengan cara merekam alamat IP tersebut dan juga nomor portnya sehingga keamanannya lebih ketat dibandingkan packet filtering.

Kebanyakan untuk firewall modern lebih banyak menggunakan metode dinamis karena dianggap lebih aman dan mampu melindungi paket data yang di kirim suatu IP atau komputer baik dari lokal maupun jaringan internet.

Terima kasih sudah membaca di blog ini, silahkan komen dibawah jika ada tambahan info tentang firewall.

No comments