Thursday, November 22, 2018

Komputer Sering Restart Sendiri


windows 10

Komputer Restart - User windows 10 akan sering mengalami komputer Reboot atau Restart sendiri terus - menerus dikarenakan windows mengalami error system failure.

Biasanya hal ini disebabkan karena kesalahan dalam mematikan komputer atau laptop, misalnya saat akan di matikan ada update dari windows 10 yang membuat user harus menunggu komputer selesai update. Tapi kebanyakan user yang menggunakan windows 10 tersebut akan langsung mematikan dari sumber listrik atau colokan jika terlalu lama proses updatenya.

Bagaimana Cara Mengatasi Komputer Restat Sendiri

System failure adalah keadaan dimana sebuah komputer baik aplikasi atau bagian dari suatu sistem operasi tersebut berhenti berfungsi, dan umumnya akan mengalami gagal proses atau crash. Jadi saat komputer dinyalakan kembali biasanya akan restat terus - menerus.

Untuk permulaan bisa menggunakan cara yang sederhana sebagai berikut :

  1. Matikan Komputer, cabut semua usb dan vga dari komputer
  2. Cabut kabel power dari sumber listrik
  3. Tekan power selama 5 - 10 detik dengan posisi kabel power jangan di pasang dulu
  4. Lalu pasang kembali kabel power dan kabel vga terlebih dahulu

Jika cara diatas sudah bisa membuat komputer tidak restat lagi, berarti harus siap - siap membackup data yang ada di hardisk karena suatu saat komputer akan mengalami gagal booting karena ada kerusakan hardware.

Hal tersebut disebabkan oleh listrik mati mendadak atau tegangan yang tidak stabil, dan juga di karenakan komputer tidak menggunakan UPS karena saat terjadi listrik mati mendadak atau tegangan turun membuat power supply komputer menyimpan aliran listrik yang dapat merusak motherboard dan hardisk.

Kerusakan Sistem Membuat Komputer Restat Terus - Menerus

Jika cara di atas masih tetap membuat komputer restat sendiri terus - menerus, kemungkinan besar ada sistem dari windows yang hilang atau terhapus karena sistem akan mengalami gagal proses, untuk untuk kasus di windows 10 biasanya setelah update lama dan gagal.

Berikut beberapa langkah mudah jika komputer atau laptop masih restat terus dan tidak bisa masuk windows :

Lakukan Restore Windows

Melakukan restore windows adalah salah satu cara alternatif, karena selain mudah dan cepat restore windows juga bisa membuat file dari windows yang hilang kembali.

Cara di atas mengharuskan kita memiliki backup windows otomatis saat pertama kali install windows, jika backup windows tidak di aktifkan kemungkinan untuk merestore windows juga akan gagal.

Menggunakan Last Good to Known 

Untuk user windows 10 cara ini sedikit susah karena windows 10 hanya di bekali system recovery, hampir mirip restore windows tapi system recovery windows 10 ini akan mengembalikan semua sistem windows ke settingan awal atau saat awal install windows.

Dengan cara restat dan tekan F8 terus menerus sampai muncul More recovery System

Instal Ulang

Instal ulang adalah salah satu cara terampuh untuk mengatasi masalah restat komputer tersebut, atau melakukan downgrade menjadi windows 7, jika terpaksa install ulang lakukan cara berikut sesudah melakukan install ulang windows :

Buka Start windows - Search windows - ketikan Run, lalu ketik lagi sysdm.cpl lalu enter


run windows

sysdm.cpl

Klik tab Advanced

menu advanced

Klik Setting di pilihan menu Startup dan Recovery

recovery system windows

Cari menu System Failure dan hapus centang dari pilihan Automatically Restart

windows 7

Klik OK dan restat komputer atau laptop

Terima kasih sudah membaca dan support blog ini, tinggalkan komen jika ada cara terbaik lainnya untuk mengatasi restat sendiri terus - menerus pada komputer dan laptop.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon