Tuesday, September 23, 2014

GNS3 Adalah



Mengenal GNS3 - Selama ini saya belajar tentang Supporting Hardware, karena di perusahaan saya yang baru saya di tuntut untuk mengerti Jaringan maka saya akan banyak belajar tentang jaringan. Salah satu program simulator yang saya sendiri juga baru tahu adalah GNS3.

Adalah sebuah program graphical network simulator yang dapat me-simulasikan topologi jaringan yang lebih kompleks dibandingkan dengan simulator lainnya. Program ini dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, seperti Windows, Linux, atau Mac OS X. Prinsip kerja dari GNS3 adalah mengemulasi Cisco IOS pada komputer sehingga PC atau Komputer dapat berfungsi seperti sebuah atau beberapa router bahkan switch, dengan cara mengaktifkan fungsi dari Ethernet Swicth Card.

Belajar Mengenal GNS3 Untuk CiscoIOS

GNS3 adalah juga tool pelengkap yang mudah untuk mempersiapkan diri memperoleh sertifikasi Cisco seperti :
  1. CCNA
  2. CCNP
  3. CCIP
  4. CCIE

GNS3 awalnya dikembangkan oleh Jeremy Grossman, selanjutnya dikembangkan oleh David Ruiz,Romain Lamaison, Aure’lien Levesque dan Xavier Alt
Dynampis dikembangkan oleh Christophe Fillot.
Dynagen dikembangkan oleh Greg Anuzelli, dan masih banyak lagi orang-orang yang berperan dalam mengembangkan software GNS3 ini.

Dengan GNS3 bisa mengoperasikan secara nyata apa yang IOS Cisco hasilkan dan juga dapat mengakses beberapa command dan parameter yang didukung oleh IOS tersebut. GNS3 merupakan sebuah Open Source yang dapat di download secara gratis pada situs resminya di gns3.net.

Untuk cara instalnya bisa ke blog ini Kuroblog, jika masih ingin tahu lebih banyak silahkan download file pdfnya gratis dibawah :

Terima kasih sudah membaca, dan jangan lupa untuk support kami jika kalian suka dengan blog ini.


EmoticonEmoticon