Thursday, June 13, 2019

Mengatasi Tampilan Windows Tidak Muncul Di Monitor


windows blank monitor

Komputer Blank Monitor - Hari ini komputer server kantor tidak bisa hidup, kemungkinan karena mati listrik dari kemarin jadi terpaksa komputer server saya shutdown paksa. Komputer server yang dipakai adalah komputer build up dari Acer dengan memori 4GB dan menggunakan VGA Card terpisah, Prosesor Intel Core 2 Duo yang harusnya menggunakan Windows Vista tapi dirubah menjadi komputer server menggunakan Windows Server 2008.

Saat dihidupkanCPU terlihat normal dengan kipas dan lampu power motherboard menyala, tapi saatdihubungkan ke monitor, tidak ada tampilan apa - apa alias blank hitam, booting windows logo pun tidak terlihat jalan.

CPU Hidup Tapi Tidak Ada Tampilan Apa - apa di Monitor atau Blank

Ada banyak kemungkinan kenapa komputer blank monitor atau tidak jalan windows logo, bisa karena monitor sudah rusak atau karena kabel vga yang sudah rusak, tapi saya tetap akan melakukan cek dari komputer untuk memastikan apakah karena VGA, kabel atau monitor rusak.

Monitor

Saya cek kabel power monitor dan kabel VGA yang terhubung ke komputer, saya juga cek Pin Kabel VGA siapa tahu ada yang bengkok pada pinnya. Saya pastikan monitor dan kabel VGA dengan mencobanya ke komputer lain, hasilnya bisa menampilkan windows komputer tersebut.

Power Supply

Tegangan power supply ada dua yaitu 12 volt dan 5 volt, cek kabel merah dengan kabel hitam dengan multi tester, bila tegangannya kurang dari 12 dan 5 volt berarti power supply rusak. Atau menggunakan cara bypass power dengan menghubungkan kabel Hitam dan Hijau.

Processor

Lepaskan fan processor atau Heatsink, kemudian hidupkan kembali selama kurang lebih 1 menit dan matikan, setelah itu pegang bagian atas processor bila terasa hangat berarti processor masih bagus jika processor tidak panas atau hangat berarti rusak.

RAM atau Memori

Untuk RAM atau memori saya coba membersihkan dengan penghapus pensil 2B di bagian kuningan-nya, jika hasilnya tetap tidak bisa maka coba mengganti dengan RAM yang lain dan jangan lupa membersihkan slot RAM yang ada di Motherboard, gunakan RAM untuk komputer lain jika menyala maka RAM tidak ada masalah.

BIOS

Reset BIOS dengan cara mencabut Baterai CMOS dan membersihkannya, pastikan Baterai CMOS dalam keadaan baik. saya juga mengganti dengan Baterai CMOS yang baru lalu saya nyalakan kembali komputer server.

Dari semua cara di atas tetap membuat komputer build up ini belum kembali normal, akhirnya saya menggunakan PC - Analyzer alat untuk mengetahui baik atau tidaknya motherboard, jika saat menggunakan pc analyzer tidak terdeteksi angka atau hanya strip berati harus ganti motherboard.

Cek video dari youtube berikut untuk cara penggunaannya


Akhirnya saya tahu bagian yang rusak jadi saya akan segera menggantinya dengan yang baru, kalau dari yang saya baca kebanyakan untuk troubleshooting CPU menyala tapi monitor tidak menunjukan aktivitas atau tampilan windows, sudah dipastikan processor rusak atau memang CPU Motherboard harus ganti baru.

Terima kasih sudah membaca, dan jangan lupa untuk selalu support blog ini.

Buruh IT, Penulis abal-abal, selalu bersyukur dengan hidup dan terus belajar tentang IT


EmoticonEmoticon