Wednesday, April 30, 2014

Masalah Hardisk Komputer


Hardisk Komputer

Mengenal Apa Itu Hardisk - Berfungsi menyimpan berbagai dokumen, data dan beberapa bahkan mengumpulkan video download berformat DivX, wajar jika hardisk cepat penuh. Selain karena format beberapa data sudah banyak yang berubah tentunya dengan aplikasi yang semakin maju dan baru dengan volume yang lebih besar dari aplikasi sebelumnya, menambah hard disk ternyata juga tidak terlepas dari beberapa masalah.

Sebagai IT Support memang harus mengetahui berbagai masalah komputer, termasuk hardware komputer seperti Hard disk, VGA Card, dan RAM atau Memori.

Untuk saat ini saya akan mengenalkan masalah yang umum untuk hardware komputer atau PC yaitu Hard disk, beberapa masalah masalah umum yang biasa dihadapi adalah :

Sistem Tidak Mengenali Hard Disk Baru

Hardisk tidak terbaca, tidak terdeteksi baik pada Windows maupun BIOS sekalipun, intinya dalam memasang dan mengkonfigurasikan hard disk harus sesuai, sebenarnya hardisk bukan termasuk komponen yang sulit dalam proses instalasi.

Ada beberapa langkah yang harus dipastikan dan dilakukan saat memasang hardisk contohnya :

Pastikan hardisk sudah mendapatkan daya dari PSU (Power Supply)

Kesalahan sepele seperti ini bisa saja terjadi mengingat letak hard disk yang biasanya di bagian depan casing, terkadang power supply yang rusak juga menjadi masalah utama karena daya listrik dari power supply yang tidak stabil tersebut akan membuat hardisk menjadi mudah rusak.

Pastikan setting master dan slave hard disk tepat seperti yang diinginkan

Jika ingin memanfaatkan konfigurasi pada cable select, pastikan menggunakan konfigurasi tersebut pada kedua hardisk lama dan baru.

Perhatikan pemasangan kabel IDE pada hard disk

Beberapa kabel terbaru sudah memberikan tanda khusus untuk membantu menentukan konektor mana yang akan dianggap sebagai master dan konektor mana yang akan dianggap sebagai slave.

Jika tidak tersedia cara paling mudah adalah dengan aturan dasar berikut :

  • Konektor yang terletak diujung sebagai master. 
  • Sedangkan konektor di tengah akan dianggap sebagai slave.

Setting BIOS

Pada pilihan utama Integrated Peripheral bios, biasanya terdapat pilihan untuk IDE controller dan setting controller hard disk SATA.

Jika mengalami masalah saat ingin menambahkan hard disk baru berinterface SATA, jangan lupa untuk instalasi driver yang biasanya disertakan oleh produsen motherboard atau updatenya, tapi itu juga tergantung chipset motherboard yang digunakannya.

Terdeteksi Tapi Tidak Dapat Digunakan

BIOS mendeteksi hardisk tapi tidak dengan Windows atau OS dari komputer.

Yang perlu dilakukan adalah membuat partisi kemudian memformat hardisk baru tersebut karena hard disk yang baru biasanya belum terformat dalam sebuah file system NTFS yang dapat dikenali Windows.

Menggunakan aplikasi Easus MiniTool Partition Wizard untuk cek hardisk atau mengubahnya menjadi file sistem yang sesuai untuk windows yang akan digunakan komputer.

Silahkan download di bawah ini :


Terima kasih sudah membaca, dan jangan lupa untuk add Gplus dan follow twitter, FB kami untuk update.


EmoticonEmoticon