Thursday, February 6, 2014

Mengatasi Masalah Printer Epson Inkjet


Printer Epson

Epson L800 - Tempat kerja saya banyak menggunakan Printer Epson terutama yang sudah memiliki Ink Tank System, untuk printer L800 yang di miliki bagian Design sering sekali terjadi buntu dan hasil cetak printnya kurang jelas atau blur.

Masalah printer adalah yang paling sering di keluhkan user atau pengguna di perusahaan saya, untuk perawatan rutin sudah berjalan tetapi sering juga kerusakan atau error yang tidak mudah diatasi.

Penyebab Printer Epson L800 Tinta Buntu Dan Cara Mengatasinya

Head buntu atau tulisan tidak keluar saat print adalah masalah yang sering sekali dihadapi oleh IT Support, jika sudah mengalami kebuntuan dalam mengatasinya cara satu - satunya adalah service center salah satu printer yang sering mengalami masalah head buntu adalah printer dari Epson.

Peralatan untuk mengatasi Head Buntu pada Printer Epson :
  • Cairan pembersih head (head cleaner), merk terserah anda. kalau di daerah anda sulit mendapatkan cairan ini, gunakan cairan pembersih kaca dicampur dengan sedikit alkohol dan air.
  • Suntikan dilengkapi dengan selang untuk nozzle head epson
  • Tissue

Berikut ini Cara Mengatasi Head Buntu pada Printer Epson :

1. Siapkan suntikan berisi 5ml cairan pembersih head dan tissue yang sudah di lipat, lalu pasang nozzle karet pada suntikan.

tinta

2. Posisikan head unit ke tengah printer dgn software atau manual, lalu ambil catridge dan cabut kabel power printer.

3. Geser Head ke pinggir, lalu pasang tissue secara merata di depan roll kertas printer.

4. Tancapkan selang pada tiang nozzle printer epson yang headnya buntu, lalu tarik suntikkan hingga 10ml, tekan suntikan perlahan lahan hingga cairan habis.

head catridge

5. Jika tinta beku yang menyumbat yang mengakibatkan head buntu pada nozzle sudah keluar pada tissue, maka proses pembersihan nozzle telah berhasil.

6. Pasang kembali catridge epson yang sudah terisi tinta , Lakukan head cleaning dan print Nozzle check pattern secara software / manual.

7. Jika masalah belum teratasi dan membutuhkan reset

Baca Juga: Epson L800 WIC

Terima kasih sudah membaca, dan jangan lupa untuk support blog ini.


EmoticonEmoticon