Monday, February 17, 2014

Mengatasi Error Sharing File



Tips Mengatasi Error Jaringan Sharing File Dengan Windows Server 2008 - Microsoft mengeluarkan windows server untuk berbagai kebutuhan seperti datacenter, server program aplikasi berbasis desktop dan security jaringan, bagaimana dengan file sharing dengan windows versi lain? seperti windows xp, apakah pernah muncul masalah?.

Hari ini saya di pusingkan dengan masalah jaringan Program tempat saya bekerja, komputer di bagian Finance tidak bisa mengambil data di dalam komputer Windows Server 2008.

Saya coba cek untuk Komputer Server, hasilnya normal semua sudah sesuai, LAN sudah tersambung, Firewall juga sudah saya matikan, tapi tetap saja komputer masih belum bisa komputer tersebut menggunakan OS Windows XP.

Apa mungkin windows XP Home Basic tidak bisa melakukan file sharing di komputer server?

Share Folder Windows XP dan Windows Server 2008

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi Jaringan file sharing dari server ke komputer client misalnya dengan menggunakan IP di client komputer atau bisa dengan membuka settingan pada advance sharing di Open Network.

Tapi bagaimana jika bukan karena jaringan? tapi karena hardware atau versi yang terbatas untuk windows server 2008 melakukan file sharing untuk windows XP.

Cek Komputer Windows XP

Akhirnya saya coba cek sekali lagi di Komputer Client atau Windows XP tersebut hasilnya normal semua, malah terdapat tulisan Error untuk koneksi ke server.

Ping ke IP komputer server hasilnya normal, koneksi dengan komputer Client yang lain juga tidak ada masalah dan bisa masuk ke folder tiap pc atau komputer, tapi saat masuk menggunakan nama dan ip komputer server muncul Error Connection.

Cek Komputer Windows Server 2008

Dengan teliti saya cek Koneksi pada LAN, firewall, lepas kabel LAN lalu memindahkannya ke port lain dan juga saya restat Internetnya, terakhir saya melakukan ping ke komputer client, tapi hasilnya normal.

Akhirnya saya cek folder sharing yang digunakan untuk mengambil data tersebut, lalu melakukan beberapa langkah sederhana untuk folder share dari windows server 2008:

Klik kanan pada folder sharing atau folder yang akan di ambil datanya
Pilih Properties lalu cari tab Sharing


Klik Advanced Sharing lalu muncul tampilan seperti di bawah ini


Setelah itu Centang bagian Share This Folder


Klik Apply dan OK.

Harusnya cara di atas sudah bisa mengatasi Error Connection antara windows XP dengan Windows Server 2008.

Terima kasih sudah membaca, dan jangan lupa untuk support blog ini dengan follow FP dan Twitter kami.


EmoticonEmoticon