Tuesday, February 25, 2014

Internet Speedy Tidak Bisa Browsing


internet tidak bisa browsing

Konflik IP Address - Hari ini Komputer Direktur yang menggunakan Windows 7 tidak bisa Browsing Internet karena sambungan LAN menunjukan tidak ada valid IP Address. Yang saya lakukan adalah melakukan cek Wifi karena komputer tersebut menggunakan USB Wifi Card tapi yang terlihat hanya tanda seru berwarna kuning di wifi signal.

Internet Speedy tidak bisa konek bisa karena beberapa hal, jika dari kasus perusahaan saya karena menggunakan LAN untuk koneksi ke server tanpa internet, sedangkan internet justru dari Wifi, maka dari itu terjadi tabrakan IP atau Conflict di jaringan LAN dan Wifi.

Internet Speedy Mengalami Konflik IP Address

Berikut beberapa cara yang saya gunakan untuk mengatasi permasalahan di atas:

Dikarenakan menggunakan Internet Speedy dengan standar Dynamic IP Address, tabrakan IP atau IP Conflict biasa terjadi dengan pengguna lain atau dari komputer itu sendiri, istilahnya rebutan IP Address dengan devices lain.

Saya menggunakan IP Address dari jaringan lokal perusahaan untuk Server agar komputer bisa berkomunikasi dengan server, file sharing dan juga printer sharing :
  • Setting IP Address : 192.168.10.30 (Karena Jaringan LAN Lokal atau kabel menggunakan range IP 192.168.10.1/24)
  • Subnet mask : 255.255.255.0 (Biasanya otomatis)
  • Default Gateway : 192.168.10.1 (Gateway Komputer Server)
Koneksi Internet dari Speedy saya ambilkan dari wifi, dengan IP DHCP karena sudah berbeda subnet IP Address dengan jaringan lokal di perusahaan. Komputer akhirnya sudah bisa browsing internet kembali.

Pastikan menggunakan IP jaringan lokal sendiri untuk LAN atau kabel jika bekerja di perusahaan yang memiliki banyak cabang, IP Address kelas A jauh lebih mudah untuk di gunakan daripada kelas C.

Baca Juga : 

Terima kasih sudah membaca, dan jangan lupa untuk support blog ini.


EmoticonEmoticon