Thursday, December 19, 2013

Database SQL Server Dan Ms Access


Database SQL Server

SQL Server - Langkah - langkah untuk install dan mengkoneksikan SQL Server 2005 dengan Microsoft Access 2007 di laptop dan Komputer tentunya sangat mudah jika sudah tahu dasar dari pemprograman tersebut, sebenarnya inti dari program ini adalah Database dan aplikasi jadi saya akan mencoba koneksi SQL Server 2005 Dengan Microsoft Access 2007

Program yang di gunakan perusahaan saya menggunakan SQL Server dan Microsoft Access, jadi saya harus belajar tentang program baru ini. Untuk memahami database ini saya harus belajar dari awal karena SQL Server dan Access adalah hal baru buat saya.
Cara Import Atau Koneksi Data Dalam SQL Server database

Setelah selesai mendownload, install SQL Server Express di laptop atau komputer

install SQL Server

Akan muncul tampilan System Configuration Setup yang akan berfungsi sebagai spesifikasi laptop atau komputer saat aplikasi SQL Server berjalan dan akan menunjukan apa saja yang kurang untuk menjalankan SQL Server Express 2005 ini.

Tampilan ini hanya akan muncul saat menginstall full service SQL Service 2005, kalau tidak ada yang di rubah langsung klik Next

Database SQL

Setting Admin agar aplikasi ini berjalan bisa menggunakan autentikasi dari windows atau membuat autentikasi / admin sendiri dengan memasukan password, tentu saja pada saat login harus menggunakan login ID tertinggi yaitu "sa" atau System Administrator

Klik Next maka muncul user instances yang fungsinya memilih user yang bisa menggunakan database ini

microsoft acces

Setelah itu next lagi, muncul untuk pemilihan data server atau repotnya apakah install yang default atau pemakaian standar, atau install sistem konfigurasinya secara manual, Klik next maka muncul peringatan jika terdapat error, sebenarnya ini tidak perlu karena bekerja secara offline, langsung saja pilih Next

SQL Server

Setelah itu mulai install, dan tunggu prosesnya.

Jika terdapat Error saat menjalankanSQL Server 2005 ini silahkan gunakan cara di bawah ini :
  • Rubah ke direktori Download installer SQL Server Express 2005
  • Ekstrak isi installer ke direktori yang baru : SQLEXPR_ADV.EXE /x:c:\sqltmp, Ganti SQLEXPR.EXE /x:c:\sqltmp dengan mengubahnya menjadi C:\sqltmp\setup.
  • Jalankan sqlncli.msi Pilih opsi Uninstall.
  • Reboot server.
  • Jalankan installer SQL Server Express 2005 lagi.
Setelah selesai install SQL Server 2005 maka langkah selanjutnya adalah melakukan koneksi dengan Microsoft Access 2007
  • Buka Microsoft Access 2007
  • Klik Blank Database dan Browse ke folder D:/ cari folder untuk program Microsoft Access 2007 yang sudah tersedia misal program Payroll, pilih untuk save dengan Microsoft Office Access Databases sebagai penyimpanan database yang akan kita konek ke SQL Server 2005, maka file akan berubah menjadi Payroll.adp.
  • Maka akan muncul Data Link Properties, tinggal masukan user dan password sesuai yang dengan waktu kita install SQL Server 2005, lalu klik Test Connection.
  • Pilih Network Library, Klik 2x maka muncul Edit Property Value dan lakukan Reset Value > OK dan OK lagi dan lihat hasil koneksi.
Jika masih belum berhasil gunakan Migration Database ESF link disini atau langsung download Import Appnya disini

Terima kasih sudah membaca, jangan lupa untuk support blog dengan follow Twitter dan FB kami.


EmoticonEmoticon