Tuesday, July 2, 2013

Mengatasi Tidak Bisa Print Epson LQ-2180


Printer Dot Metrik LQ2180

Printer Epson - Printer Dot Matrix tidak bisa buat nge-Print, posisi dalam keadaaan tanpa tutup, lampu indikator normal kecuali lampu Pause terus menyala. Saya pikir pasti karena drivernya karena kebanyakan Epson Printer Dot Matrix LQ-2180 banyak yang tidak cocok dengan windows 7, Kebetulan komputer disini rata-rata menggunakan Windows 7 semua.

Akhirnya saya coba mencarikan Driver printer LQ - 2180 bawaanya dan tidak lupa membawa driver backup jika drivernya hilang. Hasilnya masih tetap sama, tidak bisa untuk print juga.

Cara Mudah Memperbaiki Printer Dot Metrix LQ 2180

Ini adalah langkah - langkah yang saya lakukan untuk mengatasi tidak bisa print printer dotmetrix Epson LQ - 2180 :

Cek Setting

Sudah ganti kabel Port LPT yang langsung USB, cek Setingan Pheripheral BIOS karena kebanyakan untuk PORT printer menggunakan ECP saya gunakan SSP atau Defaultnya.

Print Manual

Coba cek Print Manual, dengan cara
  1. Matikan printer.
  2. Cabut Portnya USB / LPT dari komputer
  3. Masukan kertas kosong dan tekan LOAD / EJECT beberapa detik 
  4. Coba nyalakan lagi.
Mencari Bantuan Dari Google

Akhirnya coba googling, dan ketemu blog ini : Google Help

saya coba analisa dulu apa yang kurang, akhirnya saya tahu kalau tutup dari Epson Printer LQ-2180 ini juga berpengaruh karena terdapat sensor yang membuat lampu indikator Pause terus nyala dan tidak bisa print out.

Install Driver

Saya Install lagi Drivernya dan saya restat komputer juga printernya tidak lupa menutup pada bagian atasnya, hasilnya sudah bisa buat Print lagi dengan normal. Silahkan untuk download Driver Epson Printer LQ-2180 bisa juga disini :


Terima kasih sudah membaca dan support blog ini, silahkan tinggalkan komentar jika masih ada pertanyaan.


EmoticonEmoticon