Monday, 10 June 2013

Job Desk Seorang IT Support

Mengenal Pekerjaan IT Support - Untuk perusahaan besar, IT sangat penting karena job desk untuk tiap pekerjaannya juga berbeda - beda, saya sendiri lebih ke Support tetapi agar kinerja kita tidak di pandang sebelah mata kita wajib bekerja dengan profesional.

troubleshootingkomputer.com

Berdasarkan pengalaman saya bekerja di dua tempat berbeda, banyak perusahaan yang sekarang memiliki bagian IT atau hanya satu orang saja.

Update Job Desk Support IT 

Staf IT harus memiliki waktu, karena itu sangat penting. Manager saya pernah bilang "waktu adalah bagaimana kita mengatur jadwal sampai 6 bulan ke depan" jadi selalu gunakan rencana dan jadwal dengan sangat detail.

Seperti saat dinas luar kota atau me-maintenance komputer ditempat kita bekerja, selalu pastikan perlengkapan yang akan dibawa sudah lengkap dan juga jangan lupa untuk membuat catatan cara penanganannya atau solusi mengatasi masalah tersebut.

Yang terpenting untuk staf IT adalah tugas yang harus di lakukan atau To Do List.

Maka saya membagi tugas ini menjadi dua yaitu :

Membuat jadwal maintenance atau perawatan hardware untuk tiap hari. 

Jika kita memiliki beberapa bagian di tempat kerja, aturlah jadwal dengan menggunakan form yang kita buat sendiri atau bisa dengan secara online seperti teuxduex agar kita tidak lupa.
    1. Untuk tiap divisi atau bagian di kantor bisa mengatur Anti Virus agar bisa Update karena ini sangat penting terlebih yang menggunakan anti virus berbayar ( Commercial )
    2. Setelah itu Software Update juga harus diperhatikan karena tiap komputer memliki tanggal update sendiri, jika menggunakan software bajakan matikan updatenya agar tidak terjadi masalah dengan software yang kita gunakan
    3. Jangan lupa Tinta Printer juga diawasi karena kita harus punya stok untuk tinta terlebih yang masih menggunakan printer tinta inject / modif atau infus
    4. Jangan lupa juga untuk selalu cek kabel jaringan mulai dari RJ45 dan Kabel UTP masih bagus atau tidak, dan LAN Card jika komputer menggunakanya, juga dicek  
    5. Untuk yang bekerja menggunakan lebih dari satu server, pastikan untuk melakukan tiap hari Backup Server, karena kita tidak tahu suatu hari nanti akan ada masalah dengan program atau sistem diperusahaan kita. 

      Hardware Trouble

      Semua IT support paling sering berurusan dengan yang namanya hardware dan pasti tidak asing lagi, agar lebih mudah dalam mengatasi troubleshooting terutama komputer kita perlu belajar dasarnya terlebih dahulu lalu mengenal error di tiap hardware IT yang ada di perusahaan.

      Baca juga :  

      Administrasi Untuk Semua Catatan Kegiatan

      Tiap IT staf pasti harus bisa administrasi, karena ini juga tugas seorang IT support. Jika atasan kita mulai bertanya tentang kegiatan kita atau jumlah komputer atau PC ( personal computer ) yang rusak, adakah laptop yang masih bisa di gunakan? Maka kita sudah siap dengan data yang sudah kita buat sebelumnya

      Pekerjaan utama dalah tugas saat kita dibutuhkan untuk permasalahan tertentu, ini adalah tugas mendadak, biasanya ada error aplikasi program, microsoft excell tidak bisa dibuka atau error hardware komputer, juga printer yang macet, jadi setiap telp diruangan kita berdering kita selalu siap dengan semua perlengkapan.

      Surat Permintaan Barang

      Merupakan tugas seorang IT support selain hardware dan software kita juga harus siap dengan dokumen ini "permintaan barang". Bentuk surat permintaan barang ini sangat bervariasi, tergantung dari sistem perusahaan yang berjalan, dan semua berhubungan dengan Purchasing dan Akunting, jadi pastikan jangan mencari musuh dengan divisi purchasing / pembelian dan juga Akunting, karena bisa saja barang yang dipesan lama keluarnya atau datang.

      Untuk beberapa perusahaan ada yang permintaan barang IT masuk kedalam kategori teknik, itu karena setiap permintaan barang elektronik harus diinput kedalam program inventory, biasany melalui stok GA (General Affair)

      Laporan

      Untuk sebagian Staff IT membuat laporan untuk kegiatan harian adalah sangat tidak mungkin, karena hanya ada satu IT Support jadi saya membuat laporan bulanan, selama satu bulan saya membuat dokumen mengenai kerusakan, maintenance, dan juga stok dari perlengkapan IT untuk kantor atau perusahaan.

      Untuk laporan harian ke manager saya biasanya membuat manual desk untuk ditanda - tangani, jadi dalam sehari manager tahu kegiatan dan komplain yang berjalan, sedangkan laporan rincian lengkap saya berikan dalam satu bulan.

      Baca Juga

      Perusahaan yang sekarang memperkerjakan saya tidak terlalu peduli dengan bentuk laporan IT karena dianggap tidak berguna atau sia - sia, padahal secara profesional, pekerjaan IT Support harus ada history dan recordnya karena suatu saat jobdesk IT bisa menjadi sebuah jasa profesional seperti dokter atau pengacara.

      Untuk beberapa perusahaan terdapat perlengkapan yang juga masuk dalam kategori sebagai tugas IT Support diantaranya :

      CCTV

      Singkatan dari Closed Circuit Television atau televisi yang menggunakan sinyal mandiri tanpa jaringan dari luar. Sebenarnya CCTV juga merupakan tugas dari IT Support untuk di maintenance, karena berhubungan juga dengan IP Address jika ingin di koneksikan dengan jaringan internet atau lokal.

      Proyektor

      Adalah sebuah alat optik yang digunakan untuk menampilkan gambar di sebuah layar proyeksi atau permukaan serupa. Kebanyakan kantor memiliki ruang Meeting yang pasti ada perlengkapan elektronik seperti proyektor dan juga webcam, jadi bisa meeting secara teleconference tanpa repot datang ke kantor pusat, tugas IT Support adalah memastikan keadaan dari proyektor dan webcam tersebut berfungsi dengan baik.

      PABX

      Disebut juga PBX atau Private Automatic Branch Exchange adalah perangkat penyambungan komunikasi telepon atau intercom. Misalnya di gedung-gedung perkantoran yang memerlukan sambungan telepon antar ruangan tanpa menggunakan biaya atau no telp karena sudah menggunakan ektension - ektension yang di atur di dalam switchboard.

      Berbeda dengan Voip, tugas IT hanya mengatur jika ada penambahan extension baru atau maintenance cabang telp baru untuk ruangan tertentu.

      Mungkin itu saja yang bisa saya berikan untuk job desk IT Support, sebenarnya masih banyak Job Desk IT yang lain.Terimakasih sudah membaca dan jangan lupa jika kalian suka dengan postingan dan blog ini silahkan add saya di Gplus atau like fanpage.

      This Is The Oldest Page

      10 comments

      bisa minta contoh administrasi harian dan bulanannya mas?

      contohnya bisa di donlod di postingan saya
      http://www.troubleshootingkomputer.com/2014/07/administrasi-untuk-staff-it.html
      monggo di donlod

      hi www.troubleshootingkomputer.com, copy yah untuk tulisan internal, saya lagi mau membagi informasi dan membangun semangat rekan-rekan, tapi saya ga nemu kata2 yang tepat untuk merepresentasikan pengalaman dan keluhan saya sebagai IT support.
      kurang lebih dasarnya sama walau beberapa ada yang berbeda karena beririsan dengan tanggung jawab teknisi.
      sebelumnya makasih banyak juragan www.troubleshootingkomputer.com

      Terimakasih sebelumnya jika tulisan saya bisa bermanfaat, jika terdapat perbedaan dengan tanggung jawab IT mohon di share di sini agar Support IT yang lain juga tahu dan paham, sekali lagi terimakasih

      menarik untuk dibaca, serta dapat membantu menambah pengetahuan.
      lihat artikel serupa dengan mengunjungi :
      Rumah Pena | Graha Pena Gunadarma

      Trimakasih banyak artikelnya. Sangat membantu. Kebetulan besok saya ada interview utk posisi teknikal support.


      EmoticonEmoticon