Bekerja di Luar Kota

troubleshootingkomputer.com - Pengalaman kerja adalah ilmu yang secara langsung kita dapat dilapangan tempat kita bekerja, dalam artian sebuah pengalaman yang akan kita pelajari setiap hari selama kita bekerja ditempat tersebut.

bekerja di luar kota

Saya memiliki teman yang pernah bertanya pekerjaan IT Support itu apa saja?, saya jawab : sederhana sebenarnya, cukup menuruti permintaan saja, untuk IT yang bekerja di tempat baru, mungkin hanya perlu menyesuaikan saja dengan pekerjaan kantor lama. Lalu ada juga yang bertanya, bagaimana caranya bertahan saat bekerja di luar kota? pertanyaan sederhana tapi membuat saya melamun cukup lama, bukan karena saya tidak bisa menjawab, tapi karena sudah hampir 8 tahun saya bekerja di luar kota, maksud saya di beberapa kota, dan ternyata pengalaman yang saya dapat hanya sedikit setelah sekian lama bekerja menjadi IT Support.

Agar bisa bertahan dengan baik di luar kota, saya memiliki cara sendiri untuk menikmati semua pekerjaan saya dan juga rasa rindu untuk pulang ke rumah, malahan sedikitpun saya tidak merasa jauh dari rumah.

Selalu Berpikir Miskin
Maksudnya bukan memiliki mental miskin, tapi berpikir kalo kita berkerja untuk mencari uang yang akan kita gunakan di kampung atau rumah kita, istilahnya modal jika sudah merasa jenuh bekerja sebagai IT di luar kota

Biasakan Puasa
Setelah berpikir kalo kita ini miskin, soalny gaji untuk bayar kos, makan tiap hari, dan biaya seperti paket internet, beli produk online yang kita mau, dan sebagainya, untuk yang terbiasa puasa mungkin hal ini tidak akan jadi masalah, yang jadi masalah adalah saat kita sudah terbiasa dengan makan 3 kali sehari dan cemilan, terkadang hidup di luar kota bisa sangat menguras uang gaji kita, apalagi yang punya pacar, saya sampai sekarang kurang paham dengan sistem pacaran di Indonesia, kenapa harus selalu laki - laki yang membayar semua saat jalan berdua? apa karena biar dianggap pria sejati? kebanyakan perempuan tidak memandang seperti itu lagi sekarang ini, ehh ... kenapa malah curhat
Biasakan untuk puasa senin - kamis atau puasa senin - rabu - jumat, karena lebih lemat dan tubuh juga tambah sehat, menurut pengalaman saya.

Mengatur Keuangan
Sebenarnya ini kelemahan saya, setiap saya gajian pasti habis untuk hal yang tidak perlu, dan pasti menyesal di tanggal tua. Solusi yang saya terima dari manajer saya waktu itu adalah mengatur keuangan saya, memisah uang yang dipakai untuk kebutuhan harian dan bulanan, primer dan juga sekunder.

Mungkin terlihat sederhana, tapi percayalah mengatur uang sangat tidak mudah, apalagi jika ada barang yang kita ingikan, saya sendiri setiap gajian selalu saya pastikan untuk uang bulanan harus dipisah dahulu dengan cara memindahnya ke rekening lain, maklum saja saya termasuk orang yang boros, saya tidak mengaturnya secara detail hanya memisahnya mana yg harus di keluarkan untuk bulanan, dan harian, juga untuk di tabung, hasilnya saya masih berusaha terus menabung

Banyak Teman Banyak yang Membantu
Setelah berusaha puasa, dan mengatur keuangan tapi masih boros, cara terbaik adalah banyak  memiliki teman di tempat kerja, di sekitar kos, atau kontrakan kita, walaupun untuk saya kurang berhasil karena saya termasuk orang yang susah untuk bergaul, istilahnya bersosialisasi, tapi saya yakin tidak semua staf IT itu seperti saya yang hanya suka bermain game dan menonton anime.

Memiliki teman banyak maksudnya bukan untuk di manfaatkan, saat kita susah baru kita membutuhkan mereka, jangan bermental seperti kita ini adalah orang yang selalu membutuhkan pertolongan, jika memiliki teman yang sudah mengerti keadaan kita maka mereka dengan sendirinya juga akan mengerti tanpa kita memohon, jadi bertemanlah seperti tanpa mereka kehidupan di kota ini sepi, karena saya sendiri sering merasa kesepian di luar kota, tapi tidak setiap hari, hanya kadang - kadang.

Lawan Bosan dengan Hobi
Waktu itu banyak yang mendefisinikan jadi saya tidak akan menyebutnya satu - persatu, tapi rasa bosan bisa sangat membunuh kita, apalagi saat libur kerja dan harus berada di kos atau kontrakan, rasa bosan bisa membuat kita jadi mudah tidak betah bekerja di luar kota, dan selalu berpikir untuk pulang ke rumah, kebetulan rumah saya dengan tempat saya bekerja sejauh 8 jam perjalanan menggunakan kereta api.

Menonton film, jalan - jalan ke tempat baru bisa jadi solusi yang tepat agar kita tidak terus melakukan kegiatan yang membosankan, saya sendiri hanya bermain game dan menonton anime di kos, dan sangat membantu saya untuk menghilangkan jenuh dan rasa bosan

Sedikit informasi dari saya bagi pekerja IT Support di luar kota, mungkin masih banyak cara dan alasan untuk tetap bertahan bekerja di luar kota, silahkan tinggalkan komen, atau follow twitter dan facebook group kita. Terimakasih sudah membaca.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »