Mengatasi 0XC000000F Windows 7

Error Windows Black Screen - Muncul layar hitam atau black screen saat booting / masuk ke windows 7 dan pesan error 0xc000000f, berarti windows mengalami corrupt atau gagal booting.


Untuk komputer milik akunting satu ini masih baru dan menggunakan UPS, tapi pagi ini saya di panggil untuk cek dan maintenance hasilnya Black Screen, harusnya mudah karena cuma mengembalikan settingan awal saat sebelum error muncul, untuk komputer selain Gigabyte mungkin menekan tombol F8 dan pilih Last Good to Know sudah cukup, tapi komputer satu ini menggunakan motherboard Gigabyte H81M - DS2. Sesuai arahan dari forum yang saya baca, ganti menggunakan keyboard PS/2 tapi hasilnya sama, jadi inilah yang saya lakukan.

Beberapa Cara Mudah Untuk Mengatasi 0xc000000f di Windows 7 

Error 0xc000000f adalah kesalahan booting windows karena partisi hardisk mengalami crush atau hard disk sudah mulai rusak. Menurut situs NeoSmart.net :
It’s difficult to determine the main cause of this error, but the most likely cause is a hard drive failure or a corrupted boot sector.
Baca postingan saya tentang : Defrag Hardisk untuk lebih lengkapnya, 

Selalu lakukan maintenance terhadap Hard Disk, karena jika sudah muncul error tersebut maka sangat sulit mengatasinya, salah satu cara adalah melakukan hard reset agar hard disk kembali menjadi normal dan bisa digunakan, tapi ada beberapa cara yang mungkin bisa dilakukan untuk memperbaikinya.

Gunakan Last Known Good Configuration
Ini adalah salah satu cara termudah untuk mengatasi masalah Windows gagal booting karena mungkin ada aplikasi yang terhapus atau saat kita install aplikasi baru membutuhkan update system yang membuat crush pada windows tersebut.

Cara melakukannya dengan menekan F8 saat windows menyala, maka akan muncul Advance Boot Option


Pilih " Last Known Good Configuration ", nanti windows sendiri yang akan memilih saat awal sebelum system mengalami crush atau gagal booting.

Menggunakan Repair Windows 
Cara ini yang paling mudah di lakukan karena jika tidak bisa menggunakan tombol F8, karena menurut pengalaman saya tidak semua motherboard memiliki fungsi F8.


  • Pilih Boot untuk media yang akan digunakan, misal menggunakan USB CD Room
  • Setelah itu proses seperti saat Install Ulang Windows, tapi gunakan menu "Repair Your Computer"
  • Setelah proses repair selesai akan muncul System Recovery Option pilihlah Command Promt hingga muncul jendela Command Prompt.
  • Pada jendela command prompt ketikan bootrec /rebuildbcd lalu tekan enter
  • Pada langkah ini akan keluar 2 output
Output: Scanning all disks for Windows installations. Please wait, since this may take a while… Successfully scanned Windows installations. Total identified Windows installations: 0

Output: Scanning all disks for Windows installations. Please wait, since this may take a while… Successfully scanned Windows installations. Total identified Windows installations: 1 [1] C:\Windows Add installation to boot list? Yes/No/All
  • Jika kalian menemukan 2 output maka tinggal ketik Y setelah itu Exit dan terakhir restart komputer
  • Jika hanya menemukan satu output saja maka ketikan kembali bcdedit /export c:\bcdbackup lalu enter.
  • Kalau berhasil nanti ada pesan muncul "The Operation Completed Successfully".
Jika cara di atas semua tidak berhasil, maka bisa dipastikan Hardisk sudah mulai rusak dan perlu di ganti, terimakasih sudah membaca dan jangan lupa untuk support blog ini.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

comments
25 April 2018 at 10:38 delete

gan kalo pake cara ini data-data bakalan hilang?

Reply
avatar
26 April 2018 at 18:46 delete

cara di atas untuk mengembalikan sistem windows gan, ...jadai kalo data yg ada di Partisi C: jelas hilang, tapi jika berada di beda partisi dengan C: maka aman datanya...slalu lakuakan defrag ya gan
terimakasih sudah membaca blog saya

Reply
avatar
29 June 2018 at 07:51 delete

Afa wa fk gan bia gampang

Reply
avatar