Mengatasi A Disk Read Error Occurred

Disk Read Error Occurred | Windows XP dengan motherboard Pentium 4 paling sering mengalami masalah untuk koneksi dan Hardware, bukan karena Windows XP ataupun karena Hardware yang sudah lama tapi karena kurangnya maintenance pada komputer lama tersebut.


Sering sekali saya memperbaiki komputer dan laptop yang mengalami kerusakan Disk Read Error, dan kebanyakan menyarankan untuk mengganti Hardisk, padahal menurut saya ini bukan karena Hardisk dari komputer tersebut tapi karena adanya kerusakan pada koneksi hardisk ke motherboard yang di sebabkan oleh over daya listrik dari PSU karena jika power supply sudah mulai rusak akan sangat berbahaya untuk motherboard.

 A Disk Read Error Occurred Press Ctrl+Alt+Del to Restart

Selain komputer desktop, laptop dengan spesifikasi terbaru juga ada yang mengalami error A disk Read error, untuk mencegah agar tidak terjadi error tersebut adalah dengan beberapa cara dibawah ini:

Cek berkala hardisk 
Lakukan Defrag pada hardisk dengan cara seperti postingan saya di bawah ini

Bersihkan Memori | RAM komputer 
Untuk membersihkan RAM / memori komputer ataupun laptop bisa dengan menggunakan penghapus pensil 2B, caranya :
Gosokan penghapus pada slot RAM yang ada tembaga berwarna kuning emas di bagian bawah RAM / Memori, dan gosok sampai kerak yang menutup tembaga hilang.

Cara ini untuk mencegah Error koneksi antara Motherboard dengan Memori / RAM, untuk laptop lebih baik serahkan ke service center atau jika sudah lewat masa garansi bisa dengan teknisi laptop.

Bersihkan Komputer Dari Debu
Selalu jadwalkan service komputer jika tidak mengerti komputer bisa dengan datang ke teknisi, karena dengan membersihkan bagian hardware dari debu dan kotoran bisa membuat komputer lebih awet dan tahan lama. Untuk laptop bisa dengan membersihkan pada bagian keyboard dan samping terutama pada Exhaust Fan yang sangat rentan dengan debu.

Cek Power Supply 
Ini yang paling penting, selalu cek PSU atau power supply komputer, jika kipas pada PSU sudah tidak stabil lagi berputar maka sudah saatnya ganti PSU komputer tersebut, untuk merawatnya agar awet lepas power supply dari komputer dan bersihkan dari debu.

Pasang UPS
Selalu gunakan UPS untuk komputer karena menggunakan stabilazer saja tidak cukup, jika hanya menggunakan komputer dan monitor UPS 600VA sudah cukup bagus melindungi komputer dari Over daya listrik atau pun tegangan listrik jika turun.

Jika komputer atau laptop sudah muncul error A Disk Read Error Occurred, maka cara mudah mengatasinya adalah dengan cara berikut :
  1. Lepas kabel Sata / Ide pada komputer yang menghubungkan Motherboard dengan Hardisk
  2. Dan ganti dengan kabel Sata / IDE yang baru 
  3. Jika masih muncul error tersebut cabut kabel dari PSU yang terhubung ke Motherboard dan Hardisk, diamkan sebentar 
  4. Lepas baterai BIOS 
  5. Tekan tombol power komputer selama 10 detik untuk menghilangkan listrik yang ada di motherboard
  6. Pasang kembali kabel PSU dan baterai BIOS
Cara di atas mungkin untuk motherboard merk tertentu bisa kembali normal tapi hanya bertahan beberapa hari saja dan harus mengulang cara di atas untuk bisa masuk ke windows. Saran saya untuk komputer atau laptop muncul peringatan A Disk Read Error Occurred sudah saatnya menggantinya dengan yang baru.

Terimakasih sudah membaca, dan jangan lupa support blog ini dengan follow twitter dan Gplus kami

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »