Mengenal OS Windows 10

OS Windows 10 | Beberapa hari yang lalu saya mencoba mencari berita tentang OS Windows 10 dan sekarang informasinya sudah sangat banyak dan Update, walaupun saya belum tahu tampilan interface dari OS windows 10 ini, boro - boro OS windows 10 yang 8.1 saja saya belum mencobanya. Saya ingin tahu kenapa harus Windows 10 dan bukan windows 9

 
Windows 10 - Merupakan sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT.

Pertama diperkenalkan pada bulan April 2014 pada Microsoft Build Developer Conference , Windows 10 bertujuan untuk mengatasi kekurangan dalam User Interface Windows 8, dengan menambahkan beberapa tambahan yang dirancang untuk meningkatkan user experience untuk perangkat seperti komputer / PC, Tablet, Smartphone dan laptop, Juga mengembalikan Start menu, sistem desktop yang terlihat di Windows 7, dan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Windows dalam desktop dalam mode Full Screen.

Cara Update
Dua model update untuk Windows 10 ini akan bernama :
  • Opt-in
  • Lock-down. 
Update opt-in 
Adalah mode yang dapat digunakan user untuk mendapatkan berbagai fitur baru, baik itu perbaikan dan update keamanan jika memilihnya. 

Update lock-down 
Adalah memungkinkan user bisnis untuk menerima update keamanan saja untuk mencegah software yang tidak kompatibel dengan Windows 10 ini.

User Windows 8 dan Windows 8.1 kabarnya juga akan mendapatkan kesempatan update gratis ke Windows 10.
Microsoft melaporkan kalau Windows 10 adalah versi terakhir dari perilisan OS dan akan membawa fitur baru dengan hanya update. - Windows IT Pro 
Fakta Windows 10
Beberapa hal tentang Windows 10 menurut Cnet

1. Upgrade
Pengguna OS Windows bisa mendapatkan sistem operasi Windows 10 tahun depan. Microsoft berencana melucurkan sistem operasi ini setelah konferensi tahunan Microsoft Build

Namun, jika mereka ingin merasakan lebih dahulu sistem operasi Windows 10 ini, bisa mendaftar dalam Windows Insider Program yang mulai dibuka pada Rabu (1/10/2014) waktu USA. 
Pendaftaran bisa dilakukan di situs Microsoft preview.windows.com

Dengan program ini maka user bisa dengan mudah mendapatkan sistem operasi tahap awal yang kemungkinan masih terdapat banyak bug . Microsoft juga belum memutuskan berapa harga versi retail untuk OS Windows 10 ini nantinya.

2. Aplikasi
Belum banyak hal yang dibagikan oleh Microsoft tentang aplikasi dalam Windows 10. Namun sejauh ini, aplikasi-aplikasi yang akan diluncurkan di Windows 10 adalah Komputer, Tablet, Smartphone dan Laptop

Karena itu, developer diwajibkan untuk mengkustomisasi aplikasi buatannya agar bisa berjalan di semua platform, mulai dari segi tampilan hingga bagaimana caranya berjalan di semua perangkat dengan beragam ukuran layar.

Selain itu windows 10 juga di dukung oleh Cortana, adalah asisten digital cerdas yang akan mengingat hal-hal yang diperintahkan, mengelola hal-hal personal user sampai mencari berita-berita yang menarik yang ada di internet melalui aplikasi pencarian Bing, untuk yang menggunakan windows 8.1 mungkin sudah biasa menggunakanya.
Aplikasi-aplikasi tersebut bisa di donload melalui Windows Store.

3. Antar muka (Interface)
Berbeda dengan sistem operasi yang ada di Windows 8 dimana aplikasi sepenuhnya dioperasikan dengan layar sentuh, maka di Windows 10 ini sifatnya opsional.

Saat pengguna memasangkan perangkat tabletnya dengan sebuah docking keyboard, maka interface yang ditampilkan berupa tampilan desktop standar komplit dengan tombol Start yang kembali hadir di OS windows 10,  tapi saat docking keyboard dilepas, maka user akan mendapatkan antar muka atau interface layar sentuh layaknya Windows 8

Dengan fitur Aero Snap, User juga bisa menampilkan lebih dari satu aplikasi untuk di tampilkan di desktop atau istilahnya bisa menggunakan Split View, karena Microsoft menambahkan dukungan kuadran layout dimana user bisa menampilkan empat jendela aplikasi sekaligus yang berjalan bersamaan.

Terdapat juga dukungan untuk beragam antar muka atau interface desktop, jadi user bisa beralih dari satu antar muka aplikasi yang sedang berjalan ke desktop interface lain dengan mudah.

Dan untuk Gamer tentu menyukai kelebihan dari Windows 10 ini.OS ini hadir dengan DirectX 12 yang memiliki kemampuan grafis yang sangat luar biasa. 

4. Tombol Start menu
Tombol Start menu telah dihadirkan kembali oleh Microsoft di layar desktopnya. Tombol tersebut kembali menempati posisi yang selama ini di gantikan dengan interface Windows 8, di pojok kiri bawah sama dengan windows 7 sekarang. Yang berbeda hanya tampilan Start Menu yang diusung Microsof dalam Windows 10 merupakan gabungan dari Windows 7 dan Windows 8. Halaman start dengan tampilan "Metro" dipadukan dengan tombol Start Menu tradisional windows 7, sehingga tak ada lagi kotak-kotak besar di desktop pengguna seperti windows 8.

Selain itu windows 10 juga menampilkan daftar shortcut ke berbagai aplikasi sama dengan yang ada di windows 7, juga Start menu tersebut memiliki bagian umtuk menampilkan jendela Live Tiles, yaitu menu kotak-kotak khas pada OS Windows 8 desktop. Tapi Live Tiles masih tetap ada dan ukurannya bisa disesuaikan oleh User.

Di Windows 10 juga terdapat sebuah Universal Search di start menu. Tak hanya lokal, pencarian ini juga akan menampilkan hasil pencarian dari internet. Selain itu Microsoft juga menambahkan tombol "Task View", yang akan membantu user dalam bermultitasking. Mirip seperti Expose di OS X, fitur ini memungkinkan User untuk berpindah ke aplikasi lain yang sedang jalan / Running.

 "Tiles dan ikon yang ditampilkan merupakan perpaduan dari aplikasi klasik dan aplikasi universal yang baru," kata Joe Belfiore, Vice President Windows. 

5. Dukungan perangkat
Microsoft sekarang sudah mengembangkan Windows 10 dari basic Windows 8.1 yang telah menggunakan 64-bit jadi akan perangkat yang digunakan bisa dari Komputer / PC, tablet, Smartphone dan Laptop.
Beberapa prosesor lawas tidak lagi didukung oleh sistem operasi baru Microsoft ini. Namun untuk PC, Windows 10 akan bisa dijalankan dalam sistem yang belum terlalu lama. - Kompas.com
Untuk yang sudah membaca dan mensupport blog ini terimakasih banyak, silahkan komen di bawah untuk informasi tentang Windows 10 ini.

Terimakasih juga untuk sumber dari tulisan blog ini youtube.com, kompas.com dan, Wikipedia.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »