Interview Untuk IT Support

Hari ini saya ada Interview pekerjaan dengan Hotel Bintang 4 milik Garuda Indonesia dan New Armada di Magelang, mungkin sudah banyak yang tahu nama Hotelnya. Jadi saya di panggil untuk lowongan IT Officer dan saya akan bercerita sedikit tentang pengalaman saya ini

Untuk wawancara atau interview hari ini saya tidak ada persiapan apa - apa, hanya saya merasa grogi setiap ingat yang akan saya hadapi adalah "Perusahaan Besar", kenapa saya bilang besar karena Hotel ini adalah kerjasama anak Group dari maskapai Garuda yaitu Aerowisata dan Perusahaan dari New Armada yang sebelumnya sudah memiliki Mall terbesar di kota Magelang yaitu Artos (Armada Town Square)

Interview Untuk IT Support

Saya harus datang tepat jam 10 pagi ini, tapi untuk pengalaman interview di beberapa tempat saya datang lebih awal 15 menit, jadi saya sampai diruang tunggu jam 09.45. Saya sempat membaca sedikit riwayat dari Hotel ini baik review ataupun tentang manajemen system dari Hotel.

Mulai Interview
Jam 10.15 Interview atau Wawancara dimulai, pertama saya dibawa ke ruangan kecil dengan meja bulat satu dan di kelilingi 4 kursi, saya duduk membelakangi jendela dari ruangan lain, saya kurang tahu ruangan tersebut mungkin milik HRD

Setelah datang orang HRD, beliau memperkenalkan diri sebagai Head HRD, beliau sangat tenang, tipikal seorang HRD yang sudah memiliki pengalaman untuk merekrut pegawai. Pertanyaan yang beliau berikan hanya seputar "siapa saya", tapi saya merasa sangat nyaman dengan Bapak yang mengaku lulusan Accounting dan pernah bekerja di Freeport, saya sangat kagum dengan cerita beliau dari orang yang "nakal" sampai akhirnya bisa menjadi sadar dan bekerja untuk keluarganya, setelah itu gantian beliau yang bertanya tentang saya

Jadi dari pertanyaannya dan menurut beberapa buku yang pernah saya baca tentang Human Resource atau HRD pertanyaan yang paling banyak di ajukan adalah :

1. Menceritakan tentang diri sendiri
Inilah pertanyaan awal yang biasanya ditanyakan oleh HRD, jawaban yang paling tepat adalah menjawabnya dengan singkat perihal kelebihan-kelebihan yang dimiliki. Jangan memberikan jawaban yang terlalu biasa dan umum. Sama seperti yang saya alami saat saya pertama di bei pertanyaan oleh Bapak HRD tersebut

Yang terpenting jangan takut dan hindari berpikir terlalu lama, biasakan dengan Mindset "saya ingin di terima di perusahaan ini"

Oh ya saya juga disuruh menceritakan tentang diri saya dengan menggunakan Bahasa Inggris, dan tentu saja hanya bagian - bagian yang menurut saya lebih mewakili kelebihan dan kemampuan saya

2. Pengetahuan tentang perusahaan
Persiapkan diri dari pertanyaan ini dengan mencari sebanyak mungkin informasi profil perusahaan yang dilamar.

Dengan informasi itu maka pertanyaan ini bisa memberikan kesempatan memperlihatkan inisiatif dan antusias terhadap perusahaan tersebut.

3. kelemahan serta kekurangan 
Pertanyaan ini mengindikasikan kedalaman dari sifat dan karakter seseorang. Lebih baik berkata jujur perihal kelemahan dan berikan penjelasan yang kita lakukan untuk mengatasinya.

Gunakan kelemahan yang dimiliki dan rubahlah menjadi kekuatan.

4. Alasan berhenti bekerja dari perusahaan sebelumnya
Salah satu pertanyaan jebakan. Jangan pernah memberikan jawaban yang mengandung unsur negatif dan keluhan, misalnya karena gaji kecil, tidak cocok dengan atasan atau bermasalah dengan rekan kerja, dan kesalahan yang paling dasar adalah menjawab dengan mencari pengalaman baru.

Saya lebih menjawab ke arah mencari peluang yang lebih besar untuk berkarir dan tentunya mencari kualitas yang lebih bagus dari hotel ini.

5. Alasan yang kuat perusahaan mau menerima kita
Uraikan secara singkat dan jelas perihal kelebihan-kelebihan yang kita miliki serta kontribusi yang dapat dilakukan jika diterima.

Saya hanya menjawab dengan kemampuan dan pengalaman saya siap 24 jam on call.

6. Gaji yang inginkan
 Hal yang sebaiknya dilakukan adalah mencari informasi terlebih dahulu perihal standar gaji untuk posisi yang ditawarkan atau mengkalkulasi terlebih dahulu dengan gaji yang di terima perusahaan sebelumnya.

Jika merasa memiliki kelebihan, jangan ragu untuk mengatakan kisarannya, ini menandakan kita memiliki skill "bargaining power" (kemampuan melakukan penawaran) serta menunjukan kita memiliki kemampuan dan kredibilitas yang lebih.

Pertanyaan ini juga cukup krusial, jadi jangan ragu untuk bertanya perihal tunjangan apa saja yang nantinya didapat.

7. Ajukan pertanyaan
 Selalu menyiapkan pertanyaan untuk HRD, ini menunjukkan antusias kita terhadap perusahaan.

Kalau saya lebih banyak bertanya seputar job description, dan proyek IT yang tengah / berjalan di hotel tersebut.

Itu adalah pengalaman saya wawancara / Interview dengan Hotel bintang 4 yang bisa saya bagi, jika ada senior yang lebih punya pengalaman dan juga tambahan buat saya silahkan lewat komentar di bawah.

Terimakasih sudah membaca dan jangan lupa untuk support blog dengan follow twitter dan add Gplus kami

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »