Cara Mudah Optimalkan Windows XP

Defrag Hard disk | Saat ini Windows XP baik yang Home atau Profesional sudah tidak mendapatkan Update lagi dari Microsoft, tapi bukan berarti masalah tidak muncul, beberapa masalah di komputer yang menggunakan OS Windows XP masih sangat beragam, terutama masalah system yang terkadang sering crash atau hang. Untuk mengatasi hal tersebut ada cara mudah untuk komputer agar tetap awet dan maksimal kinerjanya.
Disk defragmenter adalah suatu program yang pada sistem operasi komputer (OS) berguna untuk menyusun kembali file-file yg diperbaharui atau yang telah di install baik secara sengaja maupun tidak sengaja agar tidak ada space kosong yang membuat kinerja program tersebut menjadi lambat atau crash. Karena saat membuka file secara otomatis windows akan bekerja atau mengambil ruang dalam penempatan space hardisk.

Defragmenter mempunyai fungsi untuk menjaga kestabilan PC dan keadaan hardisk karena defragmenter mampu memperbaiki boot sector dalam hardisk ataupun error program. Selain itu Program Defragmenter bawaan Windows XP ini memilki kegunaan mempercepat akses ke program - program yang terinstall di PC (komputer) / Laptop, merapikan Data-Data system Windows xp itu sendiri secara otomatis.

Sebelum melakukan defrag dengan disk defragmenter sebaiknya melakukan scan disk atau check disk terlebih dahulu untuk memeriksa apakah file dari system Windows XP ada yang Error atau Corrupt.

Langkah untuk melakukan Defragment :
  1. Klik Start pilih All Programs >> Accessories >> System Tools >> Disk Defragmenter
  2. Lakukan Scan disk terlebih dahulu, tunggu hingga proses scan disk sukses
  3. Pilih drive yang ingin di defrag, kemudian klik OK.
  4. Jalankan Disk Defragment dengan klik Defragment Now, dan tunggu proses sampai bener - benar tersusun dengan rapi dan tidak ada space yang kosong. 
Error Saat Defragment Windows biasanya muncul pesan atau kotak dialog yang berisi seperti ini : "Error Defragmenting Drive C "
dengan pesan kesalahan : 
"Windows Cannot Finish Defragmenting this Drive because it has encountered problem. Clik Help for running scan disk and then try defragmenting again."

Untuk beberapa kasus komputer yang mengalami kerusakan, kebanyakan karena menganggap enteng masalah kecil yang biasanya terjadi berulang - ulang, seperti komputer Windows XP lambat, atau sering restat, atau juga mengalami Bluescreen, itu karena kurangnya perhatian untuk Defrag Hardisk secara rutin. Untuk beberapa orang merawat komputer mungkin terlihat susah tapi postingan saya tentang troubleshooting sederhana ini membuat saya jadi sedikit mengerti merawat komputer

Jika ingin mendefrag Windows 7 bisa ke postingan saya tentang Optimal Windows 7, untuk yang menggunakan Windows 8 bisa di postingan saya cara Optimasi Windows 8

Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan bisa langsung komen di bawah melalui Gplus kami.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »