Cara Cepat Optimalkan Windows 7

Optimalkan Windows 7 - Setelah postingan saya tentang cara Optimalkan Windows XP, hari ini saya akan belajar tentang cara Optimasi Komputer dengan Windows 7, yang pasti dengan cara yang mudah dan cepat. Untuk komputer kantor yang sering menggunakan Proses Data atau untuk monitoring program pasti kinerja komputer akan semakin lambat di karenakan beberapa proses yang kurang optimal, hal tersebut di karena proses itu harus mengalami beberapa kali perubahan, update, atau hapus data dan akan membuat Cache dari proses tersebut menjadi bertambah besar.

Adalah dengan cara Hardisk Defragment, untuk menyusun semua chace dari proses tersebut agar tersusun dan tidak membuat proses menjadi lambat.

Disk defragmenter adalah suatu program yang pada sistem operasi komputer (OS) berguna untuk menyusun kembali file-file yg diperbaharui atau yang telah di install baik secara sengaja maupun tidak sengaja agar tidak ada space kosong yang membuat kinerja program tersebut menjadi lambat atau crash. Karena saat membuka file secara otomatis windows akan bekerja atau mengambil ruang dalam penempatan space hardisk.

Defragmenter mempunyai fungsi untuk menjaga kestabilan PC dan keadaan hardisk karena defragmenter mampu memperbaiki boot sector dalam hardisk ataupun error program. Selain itu Program Defragmenter bawaan Windows 7 ini memilki kegunaan mempercepat akses ke program - program yang terinstall di PC (komputer) / Laptop, merapikan Data-Data system Windows 7 itu sendiri secara otomatis.

langkah yang akan di lakukan sebelum men - Defrag Hardisk dari Windows 7
  1. Pertama, hapus file – file yang sudah tidak dibutuhkan. Ini akan mempercepat proses Defrag.
  2. Bersihkan history dan cache dari semua browser yang ada di PC (Komputer) / Laptop tersebut.
  3. Kosongkan juga Recycle Bin 
  4. Gunakan Disk Cleanup yang ada pada Windows 7 untuk menghapus file – file yang tidak diperlukan. caranya : Klik Start > Accessories > System Tools > Disk Cleanup
  5. Gunakan aplikasi Disk check (Chkdsk) untuk memperbaiki disk error dan masalah lainnya sebelum menjalankan defrag.
  6. Disable Windows pagefile dengan cara : Klik Start > Control Panel > System > Advanced. Klik tab Performance > Setting. Pada bagian Virtual memory, klik Change. Pilih NO untuk pilihan paging file, klik Set.
Setelah melakukan langkah – langkah diatas, tutup semua program dan disconnect dari Internet agar tidak terjadi automatic update dari aplikasi apapun, kemudian jalankan aplikasi disk defragmenter.
Caranya adalah klik Start lalu ketikan "Disk Defragmenter" di form isian "Search programs and files" lalu klik aplikasi Disk Defragmenter yang muncul.
  • Klik / Pilih "Analize disk"
  • Setelah selesai proses Analize disk,
  • Pilih Defragment disk, tunggu hingga proses tersebut selesai
Untuk sekali defrag tiap komputer / PC berbeda - beda kecepatan defragnya, itu juga tergantung banyaknya data atau proses yang terjadi di komputer tersebut, bisa memakan waktu minimal 10 menit atau juga bisa 30 menit.

Jika menggunakan Windows XP bisa ke postingan saya cara mudah optimalkan kinerja Windows XP, untuk yang menggunakan Windows 8 bisa di postingan saya cara Optimasi Windows 8

Terimakasih sudah membaca, dan jangan lupa untuk support blog ini dengan follow twitter dan Gplus kami

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »