Cara Ampuh Reset Bios Komputer

Reset Bios Komputer | Komputer milik produksi tiba - tiba rusak, dari keterangan usernya, komputer masih nyala tapi monitornya tidak mau muncul Booting ataupun windowsnya. Saya yakin ini masalah RAM atau kabel VGA yang sudah mulai rusak karena di produksi suhu udaranya sangat dingin dan komputer tidak memiliki pelindung untuk suhu di bawah nol.


Ternyata setelah saya cek, sesuai dengan Cara Mengatasi Tampilan Windows Tidak Muncul, baik RAM ataupun kabel VGA semua masih bagus, yang jadi masalah masih tidak bisa muncul Bootingnya, tapi lampu motherboard dan power juga nyala, akhirnya saya menggunakan cara, Reset BIOS Windows.

Cara ini merupakan salah satu langkah dasar yang seringkali dilakukan dalam proses perbaikan komputer, Meskipun saya yakin sebagian besar pembaca blog catatanteknisi ini telah mengetahui bagaimana cara mereset BIOS komputer yang benar, tetapi tidak ada salahnya saya tulis kembali dalam blog saya kali ini.

Meskipun terlihat sepele, tapi langkah mereset BIOS yang salah dapat menyebabkan BIOS atau komponen motherboard lainnya rusak, setidaknya itulah yang pernah saya alami, jadi saya tidak merekomendasikan cara ini untuk yang belum terbiasa dengan memperbaiki Motherboard komputer.

Untuk yang masih baru menjadi IT Support, atau yang belajar komputer ingin memperbaiki komputer tanpa harus ke tempat service, saya akan coba memberikan petunjuk secara detail tentang cara reset Bios dengan mudah.

Langkah-langkah Cara Reset BIOS Komputer:
  1. Pastikan Komputer sudah tidak terhubung ke sumber listrik. 
  2. Tekan tombol Power agak lama untuk memastikan arus listrik telah hilang. 
  3. Lepas Batre CMOS agar tidak ada listrik yang mengalir.
  4. Cari pin atau jumper yang bertuliskan CLR CMOS di motherboard. Untuk jumper ini ada yang terdiri dari 3 pin dan 2 pin. Untuk yang tipe jumper 3 pin, pindahkan posisi jumper ke sisi lainnya sedangkan tipe jumper 2 pin tinggal menjumper kedua pin tersebut, dengan menyatukannya atau gunakan obeng untuk jumper pin tersebut. Intinya adalah agar kedua pin menjadi terhubung (short). Biarkan beberapa detik dalam posisi tersebut.
  5. Setelah itu pindahkan kembali posisi jumper ke posisi semula untuk yang tipe 3 pin atau cabut jumper untuk tipe 2 pin. Masukan kembali kabel power supply motherboard. Pastikan semua terangkai dengan benar.
  6. Nyalakan kembali komputer. Apabila reset BIOS berhasil maka setingan BIOS akan kembali ke posisi semula.
Dan pada kasus kerusakan komputer tidak bisa booting, setelah BIOS di reset, biasanya komputer akan bisa booting kembali.

Apabila belum berhasil juga, ulangi kembali langkah diatas tapi cabut semua kabel power supply pada motherboard,  dan Memory (RAM) Komputer, lalu lakukan langkah - langkah di atas kembali, jika masih tetap tidak bisa muncul booting, dipastikan ada hardware motherboard yang mengalami kerusakan atau tidak berfungsi dengan baik.

Source: catatanteknisi.com
Sebenarnya cara ini untuk komputer yang jarang sekali di maintenance seperti komputer rumah atau komputer kantor yang hanya memiliki satu IT support, jika masih ada pertanyaan silahkan bertanya via komen di bawah. Terimakasih sudah membaca.
                                                                                   

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »