Mengenal Blue Screen Pada Komputer

Blue Screen Komputer - Ada banyak masalah yang bisa terjadi di komputer sekarang ini terlebih yang menggunakan Windows, baik Windows XP ataupun 7. Saya sendiri sering dapat komplain komputer yang tiba - tiba muncul layar biru alias Blue Screen Mode. Dan hari saya akan belajar tentang Blue Screen dan Blue Screen Of Death, sudah banyak blog yang membahas masalah ini.

 
Blue Screen terjadi karena adanya Critical Error pada Sistem Operasi Windows yang menyebabkan semua aplikasi yang sedang berjalan terpaksa harus berhenti. Biasanya di sebabkan oleh file atau software yang mengalami crush atau corrupt, bisa juga karena hardware yang sudah kehilangan power listrik jadi membuat kinerja windows menjadi lambat.

MACAM - MACAM BLUE SCREN PADA KOMPUTER / LAPTOP

Untuk itulah muncul peringatan dengan layar berwarna biru yang lebih di kenal dengan blue screen, ada macam - macam  dan beberapa pesan yang disampaikan saat Komputer/Laptop mengalami Bluesceen, di anntaranya:

1. MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Pesan disebabkan cacatnya CPU, Power Supply yang kekurangan daya atau rusak, juga ada aktifikas Overclock secara agresif

2. PEN_LIST_CORRUPT
Disebabkan adanya kerusakan pada RAM Komputer/Laptop

3. BAD_POOL_CALLER
Adanya kesalahan atau driver yang tidak kompatible

4. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Ini disebabkan karena terjadi kesalahan pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapt terjadi karena kesalahan saat instalasi driver.

5. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X000000A)
Kesalahan ini di akibatkan adanya ketidak cocokan drive yang teristall di komputer, penyebabnya :
  • Driver yang tidak cocok/bentrok
  • Permasalahan pada Audio Card yang meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card
  • Permasalahan pada Video Card, bisa terjadi akibat Video Card yang di overclock secara berlebihan, atau baru mengganti Video Card dan anda belum menginstall driver video card yang lama dari chipset berbeda.

6. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Error ini terjadi karena terjadi kerusakan pada Partisi atau File system tetapi bukan terjadi pada Harddisknya.

7 UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F) 
Bila mendapatkan pesan seperti ini biasanya disebabkan :
  • Overclock Hardware yang berlebihan
  • Komponen komputer yang kepanasan
  • BIOS yang corrupt
  • Memory dan CPU yang cacat.

8. DATA_BUS_ERROR
Kemungkinan di akibatkan memory atau slot memory di matherboard rusak.

9. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Ini disebabkan karena adanya kerusakan pada hardware, termasuk memory utama, memory video card, memory di prosesor (L2 Cache)

10. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Pesan error ini di akibatkan adanya kesalahan pada jumper harddisk, virus boot sector, driver IDEcontroller yang salah, dan terjadi kesalahan pada chipset driver.

11. Unable To Locate DLL (Stop code 0x00000135)

12. Error code : 0xE0000227

13. Stop 0x0000009F atau DRIVER_POWER_STATE_FAILURE
Stop 0x9F dapat terjadi setelah menginstal aplikasi atau driver yang rusak atau stop 0x7F dapat terjadi setelah menginstal aplikasi yang tidak kompatibel, seperti driver, atau aplikasi lain. 

Cara Mengatasi
Untuk mengatasi masalah pada Blue Screen yang paling penting adalah bertanya pada diri sendiri apa yang baru saja kita lakukan. mungkin kita baru saja menginstal sebuah program atau hardware baru, update driver, menginstal update, dll? kemungkinan besar bahwa perubahan yang dibuat itulah yang menyebabkan Blue Screen.
  • Kembalikan komputer seperti sebelum terjadi perubahan tersebut dengan cara me-Recovery atau Booting menggunakan Last Known Good Configuration untuk membatalkan registri terbaru dan perubahan driver. 
  • Restart komputer, saat booting  sebelum tampilan windows muncul tekan F8 berkali kali sampai keluar pilihan menu Advanced Boot Options, lalu pilih Last Known Good Configuration.
  • Gunakan System Restore untuk membatalkan perubahan sistem terbaru.
  • Gunakan Roll Back device driver ke versi driver sebelum update.
Jumlah minimum spasi pada partisi Windows masih tersedia. Blue screen dan masalah serius lainnya, seperti kerusakan data dapat terjadi jika tidak cukup ruang kosong pada partisi yang digunakan untuk sistem operasi Windows (biasanya drive C:/).

Microsoft menganjurkan agar mengosongkan drive setidaknya 100MB tapi saya secara teratur melihat banyak masalah saat spasi yang tersedia sudah rendah. Saya biasanya menyarankan pengguna Windows untuk mengosongkan setidaknya 15% dari kapasitas setiap drive.

Scan komputer Anda dari virus. Beberapa virus dapat menyebabkan Blue Screen, terutama virus yang menginfeksi master boot record (MBR) atau boot sector dan pastikan antivirus benar-benar up to date dan telah dikonfigurasi untuk men-scan MBR dan boot sector.

Install semua service packs dan update lainnya untuk Windows yang tersedia. Microsoft secara teratur merilis patch dan service pack untuk Windows yang mungkin berisi perbaikan untuk penyebab blue screen dan BSOD (Blue Screen Of Death).

Update selalu driver hardware, jika menggunakan Windows bajakan maka cara ini tidak bisa digunakan.

Kembalikan pengaturan BIOS ke tingkat default. Overclock atau salah konfigurasi pada BIOS dapat menyebabkan beberapa masalah, termasuk BSOD.

Pastikan semua kabel internal, PCI Card, dan komponen lainnya terpasang dengan benar. Hardware yang tidak benar pemasangannya dapat menyebabkan Blue Screen. Apabila tidak yakin, cabut semua kabel dan hardware dalam PC anda lalu pasang kembali. Ada kemungkinan koneksi / kabel sebuah hardware telah longgar. Cabut dan pasang kembali hal hal seperti kabel power, kabel data, memori, expansion cards (VGA, sound card, dll), kabel keyboard dan mouse, dan lain sebagainya.

BIOS yang out of date dapat menyebabkan Blue Screen karena tidak kompatibel terhadap pengaturan tertentu.

Itu adalah cara dan tips untuk mengatasi Blue Screen dan BSOD jika masih ada pertanyaan bisa tinggalkan komen di bawah, saya mohon maaf jika postingan saya masih kurang lengkap dan banyak yang binggung karena saya sendiri juga masih harus banyak belajar untuk IT Support.

Terimakasih sudah membaca, dan jangan lupa untuk add Gplus juga follow twitter kami

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »