Mengenal NOS Sistem Operasi Jaringan

troubleshootingkomputer.com - Belajar jaringan dan mengerti jaringan membuat saya lebih bersemangat karena selain ilmunya yang mahal, jaringan juga bisa menjadi pendapatan yang besar untuk seorang IT, sayangnya saya masih sedikit mengerti tentang jaringan khususnya sistem operasi dari jaringan yang memang sangat banyak dan bervariasi macamnya, ini adalah beberapa sistem jaringan yang sedang saya pelajari karena beberapa perushaan besar juga menggunakannya.

NOS atau Network Operating System, NOS bertugas mengontrol dan mengendalikan jaringan, biasanya NOS diinstal pada komputer server, tapi juga bisa diinstal pada komputer client, Jika komputer kita nyalakan OS masuk kedalam komputer dan menyalakannya baru kemudian NOS masuk. Sejumlah OS seperti Windows NT sudah termasuk NOS dan memang dirancang untuk keperluan network, sehingga tidak perlu menginstal NOS lagi

Sistem Operasi Jaringan Untuk IT Support

Ciri dari NOS antara lain :
  • Tampilan pengendali yang menarik dan mudah dengan GUI.
  • Memiliki metoda penyimpanan data jaringan yang baik.
  • Keamanan yang tinggi.
  • Fasilitas pengiriman data ke printer atau komputer lain.
  • Pemusatan penyimpanan data jaringan.
  • Log-on jarak jauh oleh pemakai melalui modem.
  • Dapat menggunakan workstation tanpa hard disk atau disket.
Beberapa tugas umum NOS adalah :
  1. Administrasi : yaitu menambah, mengurangi dan mengelola user serta menyiapkan backup data.
  2. Manajemen file : mengalokasikan dan mentransfer file kepada client yang membutuhkan.
  3. Manajemen printer : mengatur prioritas pencetakan melalui sistem antrian.
  4. Keamanan : memonitor dan membatasi akses ke pusat network.
Macam-macam NOS Network Operating System:

IOS Cisco
Cisco IOS (Internetwork Operating System) adalah nama sistem operasi yang digunakan pada perangkat router dan switch buatan Cisco. IOS merupakan sistem operasi multi-tasking yang menyediakan fungsi-fungsi routing, switching, internetworking, dan telekomunikasi. Cisco IOS menyediakan command line interface (CLI) dan sekumpulan perintah standar.

Perangkat router original yang diproduksi oleh Cisco masih belum memiliki CLI. Jadi program atau Configuration File harus disiapkan terlebih dulu di komputer dan kemudian ditransfer ke perangkat Cisco via TFTP (Trivial File Transfer Protocol).

Kurt Lougheed, salah seorang pendiri Cisco Systems, melakukan riset untuk meningkatkan kemampuan perangkat Cisco dan hasilnya adalah CLI generasi pertama yang digunakan pada router Cisco. Saat itu, fitur-fitur yang disediakan masih terbatas dan semua perintah harus diketikkan terlebih dulu sebelum diproses. Setelah menekan tombol ( Ctrl Z ), baru perintah-perintah yang sudah diketikkan dapat diproses. Dan jika terjadi error maka semua perintah harus diketik kembali dari awal.

Diawal tahun 1990, Greg Satz dan Terry ditugaskan untuk menyempurnakan CLI dari Cisco tersebut. Setelah lebih dari 18 bulan, maka keluarlah CLI terbaru yang diberi nomor versi 9.21. Inilah Cisco CLI yang menjadi cikal-bakal kemunculan Cisco IOS. Sebagian besar pengguna komputer khususnya yang menggunakan sistem operasi grafis atau GUI ( Windows, Macintosh, dan sejenisnya ) mungkin akan mengalami kesulitan saat pertama kali menggunakan CLI. Cisco CLI terkesan primitif dan agak susah untuk di operasikan. Pengguna Linux/Unix mungkin akan lebih mudah beradaptasi karena ada kemiripan konsep antara Cisco IOS CLI dengan perintah -perintah Linux/Unix OS. Dan banyak pengguna Linux/Unix yang menganggap Cisco CLI lebih sederhana dan lebih mudah digunakan dibandingkan dengan Linux CLI.


Novel NetWare
Novell NetWare adalah sebuah sistem operasi jaringan yang umum digunakan dalam komputer IBM PC atau kompatibelnya. Sistem operasi ini dikembangkan oleh Novell, dan dibuat berdasarkan tumpukan protokol jaringan Xerox XNS. Novell NetWare telah digantikan oleh Open Enterprise Server (OES). Untuk OS satu ini saya sendiri masih belum mengerti banyak karena tidak banyak orang yang menguasainya.

Versi terakhir dari NetWare adalah hingga April 2007 yaitu versi 6.5 Support Pack 6, yang sama dengan OES-NetWare Kernel Support Pack 2.

Juniper Junos
Junos adalah perangkat lunak atau sistem operasi jaringan yang digunakan dalam Juniper Networks sistem perangkat keras. Ini adalah sistem operasi yang digunakan dalam Juniper routing, switching dan perangkat keamanan.

Juniper menawarkan Software Development Kit (SDK) untuk mitra dan pelanggan untuk memungkinkan untuk kustomisasi tambahan. Untuk OS ini saya lebih mengerti karena memang untuk perushaan yang memiliki cabang hampir di seluruh Indonesia juniper adalah pilihan yang menurut saya lebih bagus selain harga dan mudahnya maintenancenya.

Dan pesaing terbesar Junos adalah Cisco Systems IOS.

Terimakasih sudah membaca, dan jangan lupa untuk follow twitter juga Gplus kami

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »