Mengenal Karakter IT Untuk Perusahaan

troubleshootingkomputer.com - Sudah sering sekali saya menulis, membahas masalah IT atau Informatika Teknologi dan kewajibannya, tetapi masih saja saya di tanya "Tugas IT itu apa?". Terkadang kita tidak bisa menjelaskan semua secara detail dan satu persatu



Banyak perusahaan yang masih kurang mengerti arti dari IT dan tugasnya, beberapa teman saya yang bekerja di perusahaan besar hanya menganggap mereka bagian dari Teknik saja, saat ada yang rusak dan error baru mereka memanggil karyawan IT, padahal tugas IT bukan hanya itu. Dan sangat jarang di perusahaan terdapat team IT yang bisa backup semua masalah.

Tugas IT itu apa?

Karakter IT yang hanya di anggap bagian dari teknisi lah yang membuat saya jadi berpikir apakah karyawan IT harus seperti itu, lalu buat apa capek - capek lulus S1 dengan gelar Sarjana Komputer? untuk yang masih belum mengerti karakter IT maka saya coba membuat pembahasannya disini.

Untuk itu saya mencoba membuat pembagian tugas IT, dan ini adalah beberapa jenis IT :
  1. Support
  2. Network
  3. Programmer
Untuk yang lain saya masih kurang mengerti karena selama ini saya bekerja untuk perusahaan keluarga seperti Importir dan baru ini saya bekerja di perusahaan yang sudah besar atau memiliki jaringan luas dan team IT.

Support
Untuk Jobdesk dan karakter ini hanya bertugas sebagai "staf yang menunggu", karena saya hanya di butuhkan jika ada masalah, sebenarnya bukan hanya itu tugas karyawan IT Support, seperti yang pernah saya bahas di awal selain primer dan sekunder pekerjaan IT Support atau istilahnya Technical Support IT hanya memback-up atau membantu teknisi dalam pekerjaan yang melibatkan Komputer. Banyak yang masih kurang mengerti untuk IT Support.

Network
Staff ini bertugas memaintance jaringan saja tetapi banyak juga perusahaan yang belum mengetahui karakter dari kerja IT staf satu ini, mungkin untuk menghemat pengeluaran jadi seorang IT Network juga harus bisa melakukan Support, padahal tidak semua IT mendapat pelajaran atau pengalaman Support.

Progammer
Untuk karakter IT ini sangat jelas jobdesknya yaitu program dan peripheral artinya mereka di bayar memang untuk program baik itu edit, change, making, jadi tidak berhubungan sama sekali dengan Technical support atau Networking.

Itu saja yang saya tahu dari beberapa karakter IT staf, sebenarnya masih banyak sekali tugas dan fungsi IT tapi itu secara sederhana saya tulis karena untuk perusahaan yang masih belum memiliki standart IT manajemen, karakter karyawan IT tersebut sudah lebih dari cukup.

Jika masih kurang jelas bisa ke postingan saya tentang Jobdesk IT dan SOP IT

Terima kasih sudah membaca dan untuk support blog dengan add Gplus dan follow twitter kami

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »