Profesi Menjadi IT Jaringan (Network)

IT Jaringan | Menjadi IT di suatu perusahaan yang besar dan memiliki cabang di seluruh Indonesia mungkin akan sangat sibuk, terlebih untuk IT Jaringan atau Network Engineer yang hampir tiap hari akan sama sibuknya dengan help desk.


Networking Engineer atau Teknisi Jaringan, adalah orang yang berkecimpung dalam bidang teknik jaringan komputer mulai dari maintenance sampai dengan troubleshooting jaringan. Banyak sekali ilmu jaringan yang ada di Internet membuat orang mempelajarinya dengan sangat mudah, terutama masalah - masalah yang semakin lama membutuhkan kinerja yang semakin cepat dan user friendly.

Berdasarkan geografisnya, jaringan komputer terbagi menjadi :
  • Jaringan wilayah lokal atau Local Area Network (LAN).
  • Jaringan wilayah metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN).
  • Jaringan wilayah luas atau Wide Area Network (WAN).
Untuk orang yang belum tahu IT jaringan menganggap pekerjaan ini sebelah mata, "kerja cuma ngurusi kabel aja apa susahnya!". Tetapi untuk kita hal ini sama dengan kebanggaan terkadang orang - orang ada yang tidak menghargainya jika terjadi masalah kita akan terus - terusan di cari, tapi saat masalah sudah selesai kita di lupakan begitu saja. Inilah dunia IT dimana kita tidak akan di anggap ada selama program atau komputer client tidak terjadi masalah.

Tugas IT Jaringan (Network IT )
Ada banyak tugas seorang IT Jaringan dan biasanya di bagi dalam 2 bentuk yang berbeda kelas :

Network Systems and Data Communications Analysts
  1. Menguji dan mengevaluasi hardware dan software untuk menentukan efisiensi, reliabilitas, dan kompatibilitas dengan sistem yang ada, dan membuat rekomendasi pembelian.
  2. Desain dan implementasi sistem, konfigurasi jaringan, dan arsitektur jaringan, termasuk teknologi perangkat keras dan perangkat lunak, lokasi situs, dan integrasi teknologi.
  3. Membantu pengguna untuk mendiagnosa dan memecahkan masalah komunikasi data.
  4. Memantau kinerja sistem dan menyediakan langkah-langkah keamanan, tips dan pemeliharaan yang diperlukan.
  5. Menjaga dibutuhkan file dengan menambahkan dan menghapus file pada server jaringan dan membuat cadangan file untuk menjamin keselamatan file apabila terjadi masalah dengan jaringan.
  6. Bekerja dengan engineer lain, analis sistem, programer, teknisi, ilmuwan dan manajer tingkat atas dalam pengujian, desain dan evaluasi sistem.
  7. Mengidentifikasi area operasi yang perlu diupgrade peralatan seperti modem, kabel serat optik, dan kabel telepon.
  8. Konsultasi pelanggan, kunjungi tempat kerja atau melakukan survei untuk menentukan kebutuhan pengguna sekarang dan masa depan.
  9. Melatih pengguna dalam menggunakan peralatan.
  10. Memelihara perangkat seperti printer, yang terhubung ke jaringan.

Network and Computer Systems Administrators
  1. Menjaga dan mengelola jaringan komputer dan lingkungan komputasi terkait termasuk hardware komputer, perangkat lunak sistem, perangkat lunak aplikasi, dan semua konfigurasi.
  2. Melakukan backup data dan operasi pemulihan kerusakan.
  3. Mendiagnosa, memecahkan masalah, dan menyelesaikan perangkat keras, perangkat lunak, atau jaringan lainnya dan masalah sistem, dan mengganti komponen yang rusak bila diperlukan.
  4. Merencanakan, mengkoordinasikan, dan melaksanakan langkah-langkah keamanan jaringan untuk melindungi data, perangkat lunak, dan perangkat keras.
  5. Mengkonfigurasikan, memonitor, dan memelihara aplikasi email atau virus software perlindungan.
  6. Mengoperasikan master konsol untuk memonitor kinerja sistem komputer dan jaringan, dan untuk mengkoordinasikan komputer akses jaringan dan penggunaan.
  7. Memuat rekaman komputer dan disk, dan menginstal perangkat lunak dan kertas printer atau form.
  8. Desain, mengkonfigurasi, dan perangkat keras uji komputer, jaringan lunak dan perangkat lunak sistem operasi.
  9. Memonitor kinerja jaringan untuk menentukan apakah penyesuaian perlu dibuat, dan untuk menentukan di mana perubahan harus dibuat di masa depan.
  10. Berunding dengan pengguna jaringan tentang bagaimana untuk memecahkan masalah sistem yang ada.
Dan mulai saat ini saya akan belajar tentang jaringan karena perusahaan saya lebih banyak menuntut Network Support agar tidak terjadi masalah terus menerus.

Terimakasih untuk http://raracicute.blogspot.com.
Dan terimakasih sudah membaca, jangan lupa untuk support blog dengan add Gplus dan follow twitter kami

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »