Mengenal Parallel ATA / Integrated Drive Electronics ( IDE )

Belajar Mengenal Parallel ATA / Integrated Drive Electronics ( IDE ) - Troubleshooting Komputer
Setelah membahas tentang Serial ATA tidak adil jika tidak mengenal pendahulu interface tersebut, Parallel ATA, ini adalah interface pertama yang di gunakan untuk menghubungkan Drive.

Parallel ATA
Adalah antarmuka standar untuk menghubungkan perangkat penyimpanan seperti cakram keras dan CD-ROM dalam komputer (source : Wikipedia). Standar ini telah ada sejak awal tahun 80-an dan masih berlaku di era modern. Semua hard disk (HDD) dan optik CD / DVD drive adalah perangkat IDE (EiDE -read). Terdapat banyak istilah untuk Parallel ATA, termasuk singkatan-singkatan seperti IDE, ATAPI, dan UDMA, karena itu interface ini jarang memiliki satu sebutan tetapi hanya satu yang biasa di gunakan IDE (eide -read). Disebut sebagai Parallel ATA karena pemasangan hardisk dengan system ini dilakukan dengan satu atau dua IDE device dapat dipasang dengan satu kabel dan terkoneksi dengan satu port IDE secara parallel.

Informasi yang saya dapatkan dari IDE atau interface Parallel ATA ini :
  • IDE (Integrated Drive Electronics) merupakan standar interface antara bus data motherboard komputer dengan disk storage. IDE interface di buat berdasarkan IBM PC Industry Standard Architecture (ISA) 16-bit bus.
  • Interface dari IDE adalah interface untuk storage devices yang dapat teringrasi untuk disk atau CD-ROM drive. Komputer modern memakai versi lanjutan IDE, yaitu Enhanced IDE (EIDE), yang menggunakan ATA rating yang berbeda. ATA terbaru, ATA-133 Mb per detik. Semakin besar ATA, semakin cepat proses pemindahan data.
  • IDE model lama tetap bisa bekerja dan kompatibel meski di pasangkan ke PC baru. Channel IDE yang baru bisa ditambahkan hanya dengan upgrade PCI - Card.

Kelebihan
  • Hampir semua komputer atau PC menggunakannya.
  • Harganya relatif murah. 
Kekurangan
  • Tidak memiliki kemampuan Hot Swapable.
  • Kabelnya sendiri menggunakan ribbon-cable yang lebar. 
  • Keterbatasan ini menjadikan PATA hanya sebagai interface internal storage.
Terimaksih sudah membaca.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »