Mengenal Distribution Linux CentOS

Linux CentOS | Hari ini saya akan membahas tentang Linux terutama CentOS, untuk para master dan mangstah Linux mungkin tulisan saya tidak ada gunanya karena pengetahuan saya mengenai distributor linux masih minim karena itu saya juga sambil mempelajari OS yang dikhususkan untuk server ini.

CentOS atau di sebut juga Community ENTerprise Operating System adalah sebuah Distribution Linux sebagai bentuk dari usaha untuk menyediakan platform komputasi berkelas Enterprise yang memiliki Code Binary sepenuhnya dengan Source Code yang menjadi induknya yaitu Red Hat Enterprise Linux (RHEL).

Para pengembang CentOS menggunakan Source Code dari Red Hat, dikompilasi dengan tujuan membuat sebuah produk yang sangat mirip dengan RHEL atau Red Hat. Semua hal-hal yang berkaitan dengan merek dagang ataupun logo kemudian diubah karena pihak Red Hat tidak mengijinkan mereka untuk mendistribusikannya.

Sekarang CentOS tersedia secara gratis, dukungan teknis utamanya disediakan terhadap para pengguna melalui forum berbasis web, ataupun Email. Proyek CentOS tidak berafiliasi dengan Red Hat, sehingga proyek CentOS berjalan tanpa mendapatkan bantuan apapun dari Red Hat. Untuk dana yang didapat CentOS menggunakan cara donasi dari para pengguna dan juga sponsor dari perusahaan-perusahaan yang menggunakannya.
( Terimakasih : http://id.wikipedia.org/wiki/CentOS )

Aktor utama dalam OS ini adalah Lance Davis yang mencoba membuat salinan OS dari Red Hat dan mendistribusikannya secara gratis di web centos.org, tetapi dia menghilang saat centOS mulai membuat orang penasaran dengan tampilan dan juga sistem baru yang lebih stabil di bandingkan Red Hat, dan pihak Red Hat yang mencoba meneruskan proyek centOS tersebut dengan lisensi Red Hat di tiap updatenya.

Tampilan
Secara tampilan CentOS memiliki 2 tampilan yaitu dengan Gnome dan KDE

1. Gnome
Adalah Interface yang bisa berjalan di sistem operasi. menyajikan desktop yang sederhana dimana User dapat berinteraksi dengan virtual object seperti Windows. Beberapa Gnome yang telah keluar berdasarkan kernel linux sehingga sangat mudah untuk mengkonfigurasikan sistem dari Gnome untuk tampilan CentOS selain itu tampilan Gnome juga sederhana dan mudah. 

2. KDE
Adalah interface desktop (desktop environment) dan platform pengembangan aplikasi yang dibangun dengan toolkit Qt dari Trolltech. Membuat tampilan interface dari CentOS lebih bagus dan ringan, selain itu tampilan dengan menggunakan KDE membuait centOS lebih mudah dan fleksibel karena tampilan ini lebih ringan. Selain itu fitur yang ada dalam tampilan KDE juga lebih banyak dan gampang untuk di install karena KDE adalah developer OS interface yang paling besar dan terpercaya untuk masalah tampilan dan fitur.

Masalah
Beberapa masalah yang saya tahu dari CentOS adalah :

1. Tidak bisa Update Yum
2. PYCURL yang error
3. rpmdb open failed

Terimakasih sudah membaca, support blog ini dan jangan lupa untuk follow twitter dan G+.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »