Cara Mudah Membersihkan Printer LQ - 2180

Printer LQ - 2180 | Sering sekali Printer Dot matrix atau printer dengan fungsi print double kertas mengalami kerusakan, dan kebanyakan langsung di bawa ke tempat service padahal dengan hanya me-maintenancenya seminggu 2 kali kerusakan bisa di hindari sampai hampir 60 persen.

Sebagai IT Support saya bertanggung jawab terhadap semua perlengkapan IT baik itu komputer ataupun printer, karena itu setiap hari saya usahakan untuk melakukan maintenance atau perawatan rutin dengan cara membersihkan bagian tertentu pada printer Epson LQ - 2180 ini

Tips Membersihkan Printer LQ - 2180

Maintenance
Cara mudah memaintance printer dot-matrik adalah dengan membersihkan bagian tertentu dengan hati - hati karena printer ini termasuk Hardware yang bandel atau jarang rusak. Kerusakanan dari printer ini paling parah adalah roll paper atau penarik kertas yang sudah rusak atau Aus jadi harus melakuakan penggantian, selama Motherboard dan Head tidak ada masalah, maka printer ini masih bisa di gunakan.

Untuk printer LQ - 2180 cara membersihkan dan melakukan perawatan rutin hanya dengan :
  1. Cek sensor penutup atas printer LQ-2180 dengan melepasnya dan memasangnya kembali, jika lampu Pause masih menyala berati sensor sudah tidak berfungsi.
  2. Membersihkan bagian Roll atau motor steamer dan bawah Catridge Head dengan cara membuka bagian kenop atas dan belakang printer karena di bagian tersebut yang paling kotor.
  3. Cek untuk pita dan juga catridge pita apakah masih layak untuk print kalau kotor cukup bersihkan bagian dalam catrigde pita tersebut.
  4. Beri pelumas seperti minyak singer di tiap roda gerigi atau gear, timing head, silinder head printer.
Jika kesulitan mengerti bagian - bagian printer epson dotmetrix LQ 2180 silahkan klik postingan saya tentang bagian - bagian dari printer dot matrix.

Membersihkan printer LQ - 2180 atau printer dot matrik sangatlah mudah, tidak perlu menghubungi orang Epson untuk melakukan maintenance selain biaya yang tidak murah waktu untuk menunggu juga sia - sia , jadi saran saya gunakan kuas dan obeng dan mulai membersihkan sendiri.

Jika masih ragu untuk membersihkan sendiri tanpa panduan yang jelas, bisa dengan menonton video dari youtube di bawah 

 

Terimakasih sudah membaca, dan jangan lupa untuk support blog ini dengan add Gplus dan twitter kami

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »