Cara Mengatasi Printer Epson LQ - 2180 Sering Error

Sudah sering printer orang warehouse ini gagal print atau hang atau error, saya harus bolak - balok di telepon oleh mereka hanya karena printer dotmetrik ini. Untuk penggunaannya printer ini hampir tiap hari di gunakan tetapi masih saja error dan terkadang tidak bisa print atau Hang.

Printer dot matrix memang masih digunakan di perusahaan saya karena selain terkenal awet dan mudah perawatannya, kelebihan lainnya adalah karena pita printer dot matrik jauh lebih murah dibandingkan dengan toner atau tinta.

Untuk kondisi printer LQ - 2180 yang ini adalah menggunakan sambungan USB pada komputer dan LPT pada printer, knop untuk penutup printer juga masih ada dan sensor juga bekerja dengan baik. Untuk sementara saya hanya melakukan Remove Icon Printer tetapi itu hanya bisa di gunakan sekali, hasilnya masih tetap sama.

Langkah yang saya lakukan selanjutnya untuk printer dengan masalah mendadak tidak bisa untuk nge-print adalah :
  1. Uninstall driver printer LQ - 2180.
  2. Hapus Ikon printer LQ-2180 di Device and Printer untuk windows 7, tunggu beberapa saat sampai ikon benar-benar hilang, matikan printer dan nyalakan kembali jangan lupa resfresh.
  3. Lalu Restat komputer.
  4. Setelah itu Install kembali software printer LQ-2180, untuk driver silahkan ke postingan saya tentang driver printer LQ - 2180.
Intinya adalah membersihkan cache printer yang error dengan membersihkan di bagian Registry bisa dengan CC Cleaner atau aplikasi yang lain dan jangan lupa melakukan perawatan rutin dengan cara membersihkan bagian - bagian dari printer dotmetrix LQ - 2180.

Jika ingin mengetahui apakah printer sudah bisa di gunakan maka lakukan Self Print tanpa komputer atau PC dengan cara :
  1. Pasang 1 lembar kertas di printer. 
  2. Matikan printer dot matrik tersebut.
  3. Dalam posisi mati tekan dan tahan tombol LF/FF.
  4. Kemudian nyalakan printer dengan menekan tombol power dengan kondisi masih menahan tombol LF/FF.
  5. Kalau sudah menyala lepaskan tombol LF/FF.
  6. Biasanya printer akan mencetak jenis Font yang di pakai dan keterangan lainnya.
  7. Untuk berhenti bisa dengan cara mematikan printer dan nyalakan kembali.
Terimakasih sudah membaca.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »