Cara Memonitor Trafik Bandwidth

Belajar Mikrotik | Akhirnya saya bisa belajar lagi tentang sistem jaringan, walaupun masih baru tapi saya akan berusaha belajar karena menjadi IT Support tidak hanya berhenti di satu tempat, seperti perusahaan saya berikut yang lebih banyak menggunakan jaringan untuk koneksi antar cabang, jadi menggunakan mikrotik adalah alternatif yang paling bagus saat ini


Kantor cabang sekarang sedang ada perbaikan jaringan, dan rencananya mau di rubah menggunakan provider yang lebih "baik" dari pada yang sekarang. Untuk mengatur dan mengawasi Trafik Internet menggunakan RouterOS dari mikrotik.

Cara Memonitor Trafik Bandwidth Dengan Mikrotik

Dengan menggunakan Mikrotik, kita dapat memantau Trafik Bandwidth Internet berdasarkan sistem paket dari RouterOS dan bisa monitoring dari sumber protokol, Source Address, jenis alamat dan port tujuan. Dengan menginstal RouterOS lebih mudah dalam mengatur administrasi dari router, selain itu juga untuk memonitor kegiatan malware dan lainnya.

Dalam menggunakannya cukup mudah di bawah ada beberapa langkah yang bisa di coba, saya sendiri juga masih belajar, karena di beberapa blog masih tidak jelas saya hanya mencari sistem yang menurut saya mudah :

1. Winbox di bagian Menu > Tools > Torch.


2. Via IP > ARP. Di menu ARP ada beberapa menu, pilih IP Address atau MAC address yang akan di monitoring. Klik kanan > pilih Torch.


3. Setelah itu semua informasi tentang IP Address akan muncul. klik Start untuk aktifkan Torch

Sekarang kita sudah bisa gunakan untuk memonitoring semua paket data internet dari provider dan juga Router lainnya, jika ada Trafic Internet yang mencurigakan atau kita ketahui adalah malware bisa kita otak - atik sendiri tanpa bantuan dari provider.

Terimakasih sudah membaca, dan jangan lupa support blog ini dengan add Gplus dan juga follow twitter kita

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »