Jenis Dan Kategori Kabel UTP

Mengetahui Jenis Dan Kategori Kabel UTP Untuk Jaringan | Troubleshooting Komputer
Sebagai seorang Staff IT wajib mengetahui dasar dari jaringan termasuk perlengkapannya, hal yang paling dasar adalah UTP Cable atau yang di sebut kabel UTP untuk mengetahui fungsi dan kegunaannya kabel UTP memiliki beberapa kategori atau Cat.

 
Kabel UTP 
Terdapat beberapa jenis kategori kabel UTP ini yang menunjukkan kualitas, jumlah kerapatan lilitan pairnya, semakin tinggi kategorinya semakin rapat lilitannya dan parameter lainnya seperti berikut ini

Kabel UTP Category 1
Biasanya digunakan untuk kabel komunikasi telepon, sehingga tidak cocok untuk data. di desain untuk mendukung koneksi atau komunikasi suara analog saja. Kabel Cat-1 digunakan sebelum tahun 1983 untuk menghubungkan telepon analog Plain Old Telephone Service (POTS) dan ISDN. Karakteristik kelistrikan dari kabel Cat1 membuatnya kurang sesuai untuk digunakan sebagai kabel untuk mentransmisikan / mengirimkan data digital di dalam jaringan komputer.

Kabel UTP Category 2
Mampu mengirim file data dengan kecepatan sampai dengan 4 Mbps (Megabits per second). Di desain untuk mendukung komunikasi data dan suaradigital. Seringnya, kabel ini digunakan untuk menghubungkan node-node dalam jaringan dengan teknologi Token Ring network dan protocol localtalk (Apple) dari IBM. Karakteristik kelistrikan dari kabel Cat2 kurang cocok jika digunakan sebagai kabel jaringan masa kini.

Kabel UTP Category 3
Digunakan pada 10BaseT Network, 10BaseT kependekan dari 10 Mbps, Baseband, Twisted pair. Adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi yang didesain untuk data network dengan frequensi hingga 16Mhz dan lebih populer untuk protocol ethernet dengan kecepatan data hingga 10 Mbps. Kabel UTP Cat3 menggunakan kawat-kawat tembaga 24-gauge dalam konfigurasi 4 pasang kawat yang dipilin (twisted-pair) yang dilindungi oleh insulasi. Cat3 merupakan kabel yang memiliki kemampuan terendah (jika dilihat dari
perkembangan teknologi Ethernet), karena memang hanya mendukung jaringan 10BaseTsaja. Seringnya, kabel jenis ini digunakan oleh jaringan IBM Token Ring yang berkecepatan 4 megabit per detik, sebagai pengganti Cat2.

Kabel UTP Category 4
Sering digunakan pada Topologi Token Ring, mampu mengirimkan data dengan kecepatan sampai 16 Mbps. adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Cat3, di desain untuk mendukung komunikasi data dan suara, sehingga dapat digunakan untuk protocol 16 Mbps token ring (IBM) dengan kecepatan data hingga 20 Mbps.

Kabel UTP Category 5
Mampu mentransmisikan / mengirim data dengan kecepatan sampai 100 Mbps, di desain untuk mendukung komunikasi data serta suara. Kabel ini menggunakan kawat tembaga dalam konfigurasi empat pasang kawat yang dipilin (twisted pair) dan dilindungi oleh insulasi. Kabel ini telah distandardisasi oleh Electronic Industries Alliance (EIA) dan Telecommunication Industry Association (TIA). Kabel Cat5 dapat mendukung jaringan
Ethernet (10BaseT), Fast Ethernet(100BaseT), hingga Gigabit Etheret (1000BaseT). Kabel ini adalah kabel paling populer, mengingat kabel serat optik yang lebih baik harganya hampir dua kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan kabel Cat5. Karena memiliki karakteristik kelistrikan yang lebih baik, kabel Cat5 adalah kabel yang disarankan untuk semua instalasi jaringan.

Kabel UTP Category 5e
Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 1000 Mbps (1Gbps), frekuensi signal yang dapat dilewatkan sampai 100 MHz. Sama dengan cat-5 tetapi lebih support gigabyte ethernet network. Kabel kategori 5e disebut juga Enhanced Category 5, karena kabel ini merupakan versi perbaikan dari kabel UTP Cat5, yang menawarkan kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan Cat5 biasa. Kabel ini mampu mendukung frekuensi hingga 250 MHz, yang direkomendasikan untuk penggunaan dalam jaringan Gigabit Ethernet.

Kabel UTP Category 6
Mampu mentransmisikan data dengan kecepatan sampai 1000 Mbps (1Gbps), frekuensi signal yang dapat dilewatkan sampai 200 MHz. Secara fisik terdapat separator yg terbuat dari plastik yang berfungsi memisahkan keempat pair di dalam kabel tersebut.

Kabel UTP Category 7 
Bekerja dengan jaringan Gigabit Ethernet (1Gbps), di desain untuk frekuensi up to 600Mhz.

Saya akan memberikan pengalaman saya menggunakan beberapa merk dari kabel UTP ini
  1. Telebit : Bagus, dan menurut saya ini adalah yang terbaik untuk kategori murah
  2. STP : Masih di bawah belden tapi ini merk umum
  3. AMP : ini rajanya kabel jaringan, sayang harganya mahal
  4. Belden : Untuk yang menggunakan kabel untuk warnet atau kantor lebih baik gunakan yang cat-6nya 
Kalau masih ingin tahu perhitungannya silahkan ke web ini : Ethernet Calculator

Terimakasih sudah membaca,dan jangan lupa untuk support blog ini

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »