Internet Speedy Tidak Bisa Browsing

troubleshootingkomputer.com - Hari ini Komputer Direktur yang menggunakan Windows 7 tidak bisa Browsing Internet karena sambungan LAN menunjukan tidak ada valid IP Address. Yang saya lakukan adalah melakukan pengecekan dari Signal Wifi karena komputer menggunakan USB Wifi Card tapi yang terlihat hanya tanda seru berwarna kuning di wifi signal komputer tersebut.

Beberapa kemungkinan yang membuat IP Address tidak terbaca oleh modem adalah karena IP Configuration di modem berubah settingannya, kebetulan ip address tidak menggunakan private ip jadi bisa saja modem ADSL sudah rusak atau USB Wifi Card tersebut mengalami crush dan kemungkinan besar sudah rusak.

www.troubleshootingkomputer.com
 
Berikut beberapa cara yang saya gunakan untuk mengatasi permasalahan di atas,

INTERNET SPEEDY CONFLICT IP

Cek mulai dari kabel LAN sampai install driver LAN di komputer sudah di lakukan tetapi hasilnya tetap sama, jadi menurut saya ini karena konflik IP Address dari Modem Speedy yang memang sering berubah atau Dynamic dengan LAN configuration dari komputer.

Waktu saya coba cek di CMD - ketik ipconfig untuk ip komputer yang muncul adalah 169.150.32.6, dan hasilnya tanda seru bentuk segitiga warna kuning muncul di icon sambungan LAN di Taskbar, jadi sudah pasti ini IP Conflict antara USB Wifi Card dengan ip dari LAN yang memang tidak di atur secara manual.

Saya menggunakan IP Address manual dari speedy agar komputer bisa untuk Browsing Internet
  • Setting IP Address : 192.168.1.5
  • Subnet mask : 255.255.255.0 (Biasanya otomatis)
  • Default Gateway : 192.168.1.1
  • Untuk DNS saya gunakan : 203.194.234.64
Untuk sementara komputer sudah bisa browsing, tapi IP ini hanya kan bisa di pakai sehari.

Akhirnya cara terakhir yang dilakukan adalah dengan me-reset modem ADSL :
  • Karena saya tidak tahu password dari modem ini saya langsung melakukan manual reset.
  • Setelah itu saya meminta User dan Password dari speedy biasanya berupa Nomer Speedy dan password yang di enkripsi oleh Speedy sendiri, dan biasanya ada di laporan teknisi speedy waktu pertama kali setting internet speedy.
  • Setelah selesai dengan settingan speedy hasilnya modem kembali bisa membaca IP Address untuk komputer.
Untuk beberapa modem dari speedy dengan cara di reset manual saja sudah cukup, tapi ada beberapa modem yang sudah di reset tapi masih belum bisa membaca IP secara otomatis, selalu gunakan IP jaringan sendiri jika bekerja di perusahaan yang memiliki cabang yang banyak, pastikan menggunakn IP Address kelas A agar lebih mudah mengatasi masalah internet.

Terimakasih sudah membaca, dan jangan lupa untuk support blog ini

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »