Head Buntu pada Printer Epson Infus

Penyebab Head Buntu pada Printer Epson Infus | Troubleshooting Komputer
Sering sekali IT Support mendapat keluhan hasil printer kurang bagus atau tidak sempurna, tapi itu semua bukan kesalahan IT Support karena Printer juga tanggung jawab pemakai atau user. Saya sendiri sering juga menerima keluhan dari orang dari departemen di kantor saya bekerja tentang printernya yang kurang sempurna hasil print outnya.


Saat saya tahu printer L100 Epson milik Manager Marketing rusak karena hasil print putus di warna hitam, baca postingan tentang  hasil print outnya putus - putus atau tidak sempurna saya langsung melakukan troubleshooting secara umum, maksudnya dengan melakukan head cleaning atau membersihkan bagian yang terdapat sisa kertas, tapi ternyata penyebabnya bukan hanya itu.

Inilah penyebab utama kenapa printer mengalami head buntu :

Printer epson jarang di gunakan.
Jika printer jarang di gunakan akan sangat susah untuk tinta yang sudah terendam dalam head untuk keluar karena head hanya akan menampung tinta sementara kalau di biarkan maka tinta bisa merusak head catridge, cara terbaik menggunakan printer infus atau langsung dari pabrikan sudah menggunakan tank tinta adalah mencetak minimal 2 lembar sehari.

Printer epson jarang dilakukan perawatan ( misalnya print head cleaning ).
Perawatan Head Cleaning memang sangat ampuh untuk membersihan sisa tinta yang ada di head printer, masalahnya adalah kalau terlalu sering menggunakan metode ini kemungkinan head printer akan mudah aus
dan masalah yang umum adalah hasil print kurang sempurna, gunakan head cleaning jika memang hasil print kurang jelas atau warna kurang cerah, jika sudah tidak bisa keluar warna gunakan cleaning head kits  
cek tutorial video :


Sering berganti ganti jenis dan merk tinta epson
Biasanya untuk tipe printer Epson T series, printer ini lebih sensitif jika berganti - ganti merk tinta sangat susah di bersihkan jika hasil print outnya warna tercampur - campur harus ganti head, untuk merk tinta sebenarnya semua tidak masalah asal jangan yang terlalu kental karena Printer epson yang sudah di inject / Infus sangat sensitif dalam tinta, gunakan tinta merk Premium karena menurut saya tinta tersebut masih bagus daripada merk lainnya.

Terlambat untuk mengisi ulang tinta, sehingga terjadi overheat / kepanasan di head printer epson
Ini yang sering saya lakukan, untuk printer Infus Epson sangat susah mengetahuinya, tapi untuk Epson tank System sudah ada pemberitahuannya jadi kita tinggal mengganti sesuai dengan tinta original dari epson series Tank, terlambat mengisi tinta saat lampu sudah menunjukan indikator merah dan terus berkedip itu tandanya harus segera isi ulang, karena saat printer sudah tidak bisa untuk Print bisa jadi head print sudah overheat/panas. Untuk IT Suppport harus sering cek pada bagian ini.

Terimakasih sudah membaca, dan jangan lupa untuk support blog ini

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »