Cara Cek Kerusakan RAM / Memory Pada Komputer

Cara Mudah Cek Kerusakan RAM | Memory Pada Komputer - Troubleshooting Komputer
Saat ini ada komputer kantor saya yang mengalami bluescreen dan saya belum tahu apa penyebabnya, kemungkinan karena memori yang crush atau karena slot memori yang sudah rusak. Tapi saya menggunakan aplikasi untuk cek apakah memori atau RAM memang mengalami crush.


Pengertian RAM atau Random Access Memory adalah komponen penting pada PC ataupun laptop. Jika RAM bermasalah maka komputer atau laptop akan bermasalah. Oleh sebab itu sebagai IT Support wajib memperhatikan memori komputer dan laptop dengan teliti jika muncul permasalahan.

Cara Cek Kerusakan RAM
Adalah dengan software yang bisa kita dapatkan dari http://www.memtest.org/. Software ini sebenarnya sudah disertakan dalam kebanyakan CD linux, yaitu pada tampilan booting pertama saat menyalakan komputer dengan CD Linux tersebut dan biasanya ada pilihan untuk melakukan tes Memory. Tapi jika belum punya CD linux, Program Memtest ini ukurannya sangat kecil hanya 70kb, dan program ini sifatnya bootable, jadi dia berjalan sendiri tanpa harus masuk ke sistem windows.

Download softwarenya di link ini MT410

1. Software ini formatnya zip, anda extract dulu jadi ISO, kemudian bakar dengan NERO ataupun Ashampoo
2. Jalankan Program MEMTEST ini dengan memakainya sebagai booting awal, karena CD ini bootable. Jadi atur BIOSnya agar CDROOM booting pertama kali.
3. Program cek RAM ini akan langsung berjalan otomatis melakukan cek terhadap RAM anda.
4. Ada 8 test yg akan dijalani oleh RAM anda, anda tinggal menunggu sampai selesai.


Jika RAM rusak maka akan keluar hasil dengan warna tulisan merah seperti gambar di atas. Berarti RAM perlu diganti. Kalau nggak diganti bisa menyebabkan bluescreen ataupun restart sendiri.

Jika RAM bagus maka tidak akan keluar hasil apa-apa di kolom hasil. Berarti menunjukkan bahwa tidak ada bagian RAM yg rusak / cacat.


Untuk lebih mudah, jika terjadi Blue Screen dan muncul Error " physical memory dump " dengan pesan PEN_LIST_CORRUPT, maka bisa di pastikan jika Memori atau RAM mengalami kerusakan atau sudah saatnya ganti baru.

Terimakasih sudah membaca, silahkan tinggalkan komen jika ada pertanyaan, dan jangan lupa untuk support blog dengan follow twitter dan G+.
Sumber : www.teknisi-elektro.blogspot.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »