Cara Mudah Menghapus Virus Sality Atau Shortcut

Cara Paling Ampuh Menghapus Virus Shortcut | Sality | Baru tadi pagi orang bagian marketing telepon bilang kalau filenya hilang, waktu di cek ternyata filenya tidak hillang tapi berubah menjadi ektensi shortcut. setelah saya cek lagi virus ini berasal dari flasdisk yng berisikan foto, saya tidak tahu hubungannya virus yang dari awal mengubah ektensi foto atau JPEG menjadi Shortcut.

troubleshootingkomputer.com
Setelah browsing internet dan bertanya pada senior saya, mereka menyarankan membersihkan virus tersebut dengan antivirus yang ada dan update, hasilnya masih sama. Teman saya dulu juga pernah mengalami filenya atau datanya terinfeksi virus sality, jadi virus inilah yang membuat semua data yang ada di komputer berubah menjadi ektension shortcut.

mengatasi virus shortcut atau sality dengan mudah

Baca juga cara mudah menghapus virus ini jika ada di flashdisk postingan saya :
Cara Mudah Hapus Virus Sality | Shortcut di Flashdisk 

Maka langkah yang saya ambil hanya mematikan virus ini dengan menggunakan cara termudah berikut ini :

Membasmi Virus Dengan Command Windows

Matikan Virus di Memori

Tekan Ctrl + Alt + Del untuk menampilan Windows Task Manager - Lalu ke bagian Processes, terus klik bagian User Name untuk mengurutkan file yang diproses pada memori. Setelah itu, lihat ada bagian yang mencurigakan atau tidak bila banyak yang di-loading pada memori, sebaiknya dimatikan dahulu startup yang otomatis terloading pada bagian bawah kanan seperti ikon speaker dan jam, matikan semua ikon - ikon tersebut dengan cara Quit atau exit dari programnya.

Loading virus ke memori biasanya berupa EXE file. Langkah ini untuk mencegah virus untuk menyebar terlebih dahulu lewat memori. Matikan semua file EXE yang loading di memori kita yang sudah kita urutkan sebelumnya berdasarkan User Name. Jangan mematikan file yang kategori System, Local Service, dan Network Service, karena bisa membuat sistem kita Hang atau Freeze.


Non-aktifkan Virus di Startup 
Untuk menon-aktifkan virus supaya tidak terloading ke memori, kita harus membuangnya di startup. Caranya kita bisa menggunakan perintah MSCONFIG
  1. Klik menu > Start > Run > ketik msconfig 
  2. Setelah itu akan tampil System Configuration Utility 
  3. Lalu pilihlah "Startup", dalam kasus ini sebaiknya pilih Disable All.
Hapus File Virus dari Komputer
Carilah dengan menggunakan fasilitas search pada Windows.
1. Klik menu Start > Search
2. Lalu carilah file .exe (contoh: Happy.exe) yang sebelumnya loading di memori atau start up. 
File ini biasanya disimpan oleh pembuatnya di bagian folder Windows atau System32 dari Windows setelah ditemukan, delete atau hapus file tersebut.

Menghapus Virus dari System Registry 

Tahap ini adalah tahap terakhir. Kita harus menggunakan perintah REGEDIT untuk mengubah dan delete virus dari registry. 
Pilihlah Start > Run > ketik regedit - lalu ke menu Edit pilihlah Find (atau tekan Ctrl+F). Masukkan nama file virus yang ingin kita hapus (contoh: Happy.exe), lalu pilih Find Next. Apabila ditemukan file virus, hapuslah semua registry yang memuat virus tersebut dan berikut dengan foldernya kalau ada.

Kemudian lanjutkan dengan menekan tombol F3 atau di menu pilih Edit terus Find Next. Biasanya file virus diletakkan pada beberapa tempat di registry. Jadi pastikan semua terhapus semua sampai bersih, dalam arti registry komputer bebas dari loading virus tersebut. Karena kalau tidak pekerjaan ini akan sia-sia.


Membasmi Virus Dengan Bantuan Program Lain
Misalnya dengan menggunakan program aplikasi tambahan seperti Anti Malware atau yang lain, jika ingin aplikasi tamabahan lainnya sudah pernah saya bahas di postingan saya menghapus virus dengan mudah.

Terimakasih sudah membaca dan jangan lupa untuk support blog dengan add Gplus dan juga follow twitter kami

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »