Mengatasi Virus Komputer Dengan Mudah

Virus Komputer | Selama melakukan perawatan rutin komputer dan laptop, saya banyak menemukan komputer yang terkena virus, terutama yang anti virusnya sudah out of date karena tidak terkoneksi dengan internet. Komputer yang sudah terkena virus biasanya akan terasa lambat / lemot performanya dan itu sangat mengganggu apalagi untuk komputer dan laptop yang di gunakan untuk bekerja.

Banyak orang akan merekomendasikan menginstal ulang Windows atau mencoba mengembalikan sistem menggunakan Back Up data saat terdeteksi virus ada di komputer atau laptop, itu mungkin pilihan terakhir jadi ini yang akan kita lakukan agar virus tidak terlalu lama di Hard Drive.

5 Langkah Ampuh Mengatasi Virus Di Komputer Dan Laptop

Dibawah ini adalah cara mencegah dan mengatasi Virus komputer | laptop, sesuai dengan pengalaman saya selama ini selalu pastikan tidak ada koneksi internet pada saat membersihkan komputer | laptop.

1. Back Up Dokumen, Foto dan Video
Simpan data penting ke drive eksternal. Pastikan untuk memindai/scan drive ini dan isinya.

2. Reboot dalam Safe Mode
Cegah virus berjalan ketika kita mencoba untuk menghapusnya. Untuk melakukan ini, reboot dalam Safe mode. Ini adalah cara untuk membatasi malware apapun. Restart komputer dan tekan tombol F8 pada keyboard berulang kali sampai masuk dengan pilihan untuk restart pada Safe Mode. Pilih “Safe Mode with Network” sehingga masih konek ke Internet.

3. Download Virus Scanner 
Saya sarankan download 2-3 program yang berbeda untuk menemukan dan menghapus malware. Sangat dianjurkan oleh PC Magazine dan CNET adalah :

- Malwarebytes [Download Here
- SuperAntiSpyware [Download Here]
- Malware Fighter [Download Here]

4. Tambah Anti Virus Yang Rekomendasi
Bagaimana kita mendapatkan virus di tempat pertama? Bahkan jika tidak tahu, jelas kita membutuhkan perlindungan lebih. PC Tools adalah real-time virus scanner yang dapat kita gunakan sebagai perlindungan secara online, atau menginstal seperti Avast atau AVG. Ketiganya sangat baik, gratis tapi ada juga yang berbayar, Juga Microsoft Security Essentials dianjurkan.

5. Selalu Update 
Jangan lupa untuk selalu update anti virus yang di pakai karena bisa saja virus lolos dari scan real time base yang ada di sistem anti virus karena tidak ter update dengan teratur, baiknya untuk update sehari sekali karena semua anti virus pasti akan update secara otomatis tiap terhubung dengan internet, jadi pastikan untuk melihat tanggal update dari anti virus agar maksimal kerjanya.

Terimakasih sudah membaca, dan jangan lupa untuk support blog dengan follow twitter dan G+

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »