Cara Cepat Mengatasi Koneksi ASUS Router di Windows XP

ASUS Router | Kantor saya menggunakan  Asus Router RT - N66U yang memiliki security lengkap tapi untuk windows XP susah terkoneksi ke Wifi Router tersebut. Padahal setting sudah sesuai default Wifi dari ASUS dan masih muncul saat search untuk wifi dari Asus Router, untuk komputer yang menggunakan windows XP saya menggunakan USB Wifi dan juga Wifi Card.

troubleshootingkomputer.com

Untuk beberapa Windows XP memang tidak di lengkapi dengan Update Aplikasi seperti Windows 7 yang berfungsi untuk melacak dan mencari software atau aplikasi yang baru dan tidak diketahui, jadi untuk perangkat Wifi Router Asus yang sudah support windows 7 harus melakukan konfigurasi manual.

Permasalahan Asus Wifi Untuk Windows XP

Kebanyakan di kantor saya komputer menggunakan sistem operasi windows 7 dan windows XP jadi harus menggunakan security Asus Router Wifi yang sesuai dengan OS tersebut. Untuk mengatasinya saya mencoba beberapa cara dan inilah yang saya gunakan :

Jika muncul pesan :
“Windows is unable to connect to the selected network. The network may no longer be in range. Please refresh the list of available networks and try to connect again.”
Dan juga pesan bahwa windows XP tidak mengenali enkripsi yang diminta, itu karena windows hanya mampu mengenali enkripsi WEP saja dengan jumlah bit 128 atau 256. Itu terjadi karena XP tidak mengenali program security yang sesuai dengan ketentuan pada perangkat wireless / wifi pada Asus RT66U. 

Windows XP secara default hanya menyediakan dua jenis type security wireless, yaitu WPA dan WPA-PSK. Jika security yang sudah di tentukan pada perangkat wireless adalah WPA2, maka tentu saja windows XP tidak mengenali jenis security / enkripsi tersebut.

Solusi
Untuk solusinya bisa dengan menggunakan cara di bawah ini  :


1. Update Windows XP jika menggunakan windows XP original / asli maka tidak akan jadi masalah.

2. Bisa juga dengan download program di bawah ini :


3. Atau bisa dengan ikuti saran ini :

4. Kalo cara di atas masih tidak bisa atau gagal, gunakan winsox untuk mereset wireless atau menginstall driver untuk wireless di windows XP dan windows 7
 Download Winsox

5. Gunakan cara setting manual
Klik Start, >> Run, lalu ketikan ncpa.cpl, dan klik Ok.
Dalam tampilan Network Connections, klik kanan >> Wireless Network Connection ikon, dan klik Properties.
Lalu pilih Wireless Networks tab. Jika tidak muncul tab Wireless Network maka harus jalankan dulu di pengaturan Setting yang ada di control panel >> Administrative Tools.

Tambahkan nama SSID atau wifi yang sudah ada dengan klik tombol Add, kalau di kantor saya, wifi-nya menggunakan SSID dengan nama Asus 1 

Atau bisa klik View Wireless Networks, maka akan muncul Wireless Network Connection dialog box yang berisi Wifi yang sudah terbaca oleh Adapter, jika masih tidak muncul gunakan tombol Refresh, pilih Wifi masukan Passwordnya.

Setelah saya menggunakan cara di atas, Windows XP yang tadinya tidak bisa konek secara Wifi akhirnya bisa, tapi cara - cara di atas tergantung dari windows XP dengan Service Pack berapa. Jika masih menggunakan SP 1 lebih baik lakukan cara ke dua, karena windows XP tidak ada lagi Update harus di lakukan secara manual. atau jika sudah SP 2 dan SP 3 bisa donload aplikasi Winsox dan lakukan reset network.

Terimakasih sudah membaca, jika ada update informasi untuk koneksi ASUS silahkan komen di G+ saya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »